Sukses

Gagal Bungkam Timnas Indonesia U-22, Thailand Kritik Lapangan

Thailand juga memuji para bek timnas Indonesia U-22 yang tampil impresif.

Liputan6.com, Selangor - Awalnya, Thailand jauh lebih difavoritkan memenangkan laga perdana Grup B SEA Games 2017 melawan timnas Indonesia U-22. Itu karena mereka unggul dalam rekor pertemuan dan pengalaman.

Ya, ketimbang timnas Indonesia U-22, Thailand jauh lebih diunggulkan dalam daftar kandidat juara SEA Games 2017. Itu karena mereka berstatus sebagai pengoleksi medali emas terbanyak SEA Games 2017, yakni 15 kali. Bahkan, dua di antaranya didapat pada SEA Games 2013 dan 2015.

Thailand pun kerap menjadi mimpi buruk bagi sepak bola Indonesia pada laga final SEA Games. Usai SEA Games 1991, tim Merah Putih memiliki tiga kali kesempatan untuk mengakhiri paceklik. Sayang, dua kesempatan di antaranya digagalkan Thailand, yakni pada SEA Games 1997 dan 2013.

Dan bicara rekor lima pertemuan sebelumnya, timnas U-22 tak pernah menang atas Thailand. Faktanya, tim besutan Luis Milla mampu menyulitkan tim Negeri Gajah Putih hingga mengakhiri laga di Stadion Shah Alam, Selasa (15/8/2017), dengan skor 1-1.

"Sangat disayangkan kami memiliki kesempatan untuk menyelesaikan permainan di babak pertama, tapi malah tak bisa menambah gol. Di babak kedua, lapangan di Malaysia yang tidak cukup baik menjadi hambatan utama kami," ungkap Worrawoot Srimaka, pelatih Thailand, dilansir Motthegioi.



Sejatinya, Thailand sempat unggul 1-0 lebih dulu atas timnas Indonesia U-22. Mereka mencetak gol di menit ke-14 lewat aksi Chaiyawat Buran. Namun, selanjutnya Thailand justru kesulitan menghadapi tekanan para pemain Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puji Bek Indonesia

Saat mereka mendapatkan peluang, Thailand juga kesulitan melewati hadangan Hansamu Yama dan Ricky Fajrin serta penampilan apik kiper Kartika Ajie.

  Kapten Timnas Indonesia, Hansamu Yama, mengajak rekan-rekannya menyapa suporter usai laga SEA Games melawan Thailand di Stadion Shah Alam, Selangor, Selasa (15/8/2017). Kedua negara bermain imbang 1-1. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

"Kami harus mengembangkan kemampuan kami untuk mencetak gol. Pasalnya, para bek di SEA Games saat ini tak memberikan penyerang waktu dan ruang yang cukup untuk menembak," jelas Srimaka.

Akibat hasil itu, Thailand dan Indonesia masih belum menempati dua posisi teratas klasemen Grup B SEA Games 2017. Mereka kalah dari Vietnam dan Filipina yang sama-sama meraih kemenangan pada laga perdana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.