Sukses

Segarnya Pagi di Telaga Cisaladah, Pemandian Alam di Kaki Gunung Burangrang

Telaga Cisaladah di kaki Gunung Burangrang, memiliki arti danau atau kolam di pegunungan yang berada di aliran sungai yang sekitarnya tumbuh tanaman selada.

Liputan6.com, Bandung Barat - Kampung Ciparang, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, ternyata mempunyai tempat pemandian yang berasal dari mata air pegunungan yang sangat segar dan jernih. Namanya Mata Air Telaga Cisaladah.

Walaupun kolamnya kecil, airnya jernih dan tampak berwarna biru kehijauan. Warga menyebutkan, air di telaga ini bersumber dari aliran air Gunung Burangrang di Kabupaten Bandung Barat.

Lokasi Mata Air Cisaladah ini cukup tersembunyi. Jalannya berbatu dan cukup licin karena berada di sebuah ngarai atau lembah. Biasanya, orang-orang yang datang ke sana adalah para pemuda setempat untuk berenang ataupun mandi.

Terdapat dua jalur menuju lokasi. Pertama, jika dari arah Cikalong Wetan atau Padalarang mengambil jalur ke Cisomang. Lalu melanjutkan ke arah Tengek menuju Ganjarsari hingga Cireundeu. Dari situ, sudah dekat ke Cisaladah.

Jika dari Bandung bisa masuk lewat Jalan Sersan Bajuri menuju Parongpong. Kemudian ke Barukayi, Pasirlangu hingga ke Pangheotan. Lewat Lembang Dano ke arah Jalan Lapangan, sebelum masuk Bukit Senyum ambil belokan ke Jalan Cangkore menuju Cisaladah.

Dalam perjalanan akan ditemukan jalanan menanjak, turunan dan berbelok-belok. Namun, jika kebingungan, warga akan memberitahu arah jalan menuju Cisaladah, telaga di kaki Gunung Burangrang, Kabupaten Bandung Barat tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kolam Pemandian Sebening Kaca

Telaga Cisaladah memiliki arti danau atau kolam di pegunungan yang berada di aliran sungai yang di sekitarnya tumbuh tanaman selada.

"Dulu memang banyak selada di sekitar sini," ucap pengelola wisata, Herman kepada Liputan6.com, belum lama ini.

Herman mengungkapkan, ia mulai membuka tempat ini sejak 2014. Sejak saat itulah, pengunjung mulai sering berdatangan bahkan sampai dari luar kota.

Selain kolam yang airnya sebening kaca, tempat ini dekat dengan persawahan dan perbukitan yang masih terjaga keasriannya. Kolam yang airnya berasal dari mata air ini menyimpan keindahan, kejernihan, dan kesegaran yang membuat pengunjungnya betah berlama-lama tinggal di sana.

Berenang di mata air alami ini airnya sangat segar dan jernih. Untuk fasilitas, pengelola menyediakan warung untuk membeli makanan dan minuman. Selain itu, terdapat tempat parkir roda dua, saung untuk istirahat, toilet, dan tempat ganti pakaian.

3 dari 3 halaman

Khasiat Kembalikan Kesegaran Tubuh

Apep (27), salah seorang pengunjung, mengatakan sensasi berenang di Telaga Cisaladah amat berbeda dibanding tempat lain. Menurutnya, mandi di mata air bermanfaat mengembalikan kesegaran tubuh, meregangkan otot yang tegang dan membuat tubuh lebih rileks.

"Saya menyukai tempatnya karena masih alami, cuma akses jalannya perlu diperbaiki dan fasilitas umumnya ditambah lagi," tutur Apep.

Untuk bisa menikmati tempat wisata alam ataupun sensasi berenang di tempat ini sangatlah murah. Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000.

Bagaimana, Anda tertarik mengunjungi Telaga Cisaladah di kaki Gunung Burangrang, Kabupaten Bandung Barat tersebut?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.