Sukses

Bolu Peca di Hajatan Suku Bugis, Agar Rumah Tangga Berjalan Manis

Bolu peca rasa manis wajib hadir dalam hajatan kawinan masyarakat Bugis.

Liputan6.com, Makassar - Suku Bugis merupakan salah satu suku terbesar di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang memiliki beragam budaya. Selain ritual yang unik, suku Bugis juga punya keragaman kuliner, salah satunya ketika menyelenggarakan sebuah hajatan. 

Di mana khusus untuk hajatan kawinan, masyarakat suku Bugis selalu membuat beragam kue-kue khas tradisional yang rasanya manis. Di antaranya yang tak pernah hadir yakni bolu peca.

Andi Rennu (45) salah seorang warga suku Bugis yang bermukim di Batubessi, Kabupaten Maros, Sulsel mengatakan pada hajatan kawinan wajib hukumnya menyediakan kue-kue tradisional yang rasanya manis.

Hal itu, kata dia, tak terlepas dari warna sebuah hajatan yang digelar. Seperti kawinan yang sifatnya gembira sekaligus awal dalam memulai kehidupan berumah tangga.

"Menurut nenek-nenek terdahulu, kalau acara kawinan itu harus ada kue-kue yang rasanya manis. Keberadaannya dimaknai agar kehidupan rumah tangga kedua mempelai dapat berlangsung manis dan damai. Yah, filosofi dari rasa kue tadi," kata Andi Rennu, Rabu (7/3/2018).

Selain itu, keberadaan kue tradisional berasa manis yang dihidangkan oleh keluarga mempelai, juga dimaknai bahwa kelak kedua mempelai dapat berbagi sesuatu yang baik kepada orang disekelilingnya.

"Yah, kata nenek-nenek kita agar kedua mempelai dapat berbagi hal yang baik kepada warga lainnya yang ada di sekitarnya," terang Andi Rennu suku bugis Maros tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resep dan Cara Membuat Bolu Peca Bugis

Bahan untuk bolu :

1/2 sendok teh soda kue

3 butir telur ayam

4 sendok makan tepung beras putih

Bahan untuk gula :

1/2 sendok teh garam dapur

1 gelas air

1/2 sendok teh vanili

3/4 gula merah

Ketika semua bahan sudah tersedia, maka langkah pertama membuat adonan bolu peca dengan cara mengocok telur bersama campuran soda kue hingga benar-benar tampak mengembang. Kemudian masukkan tepung beras yang sudah disangrai kedalam adonan tadi.

Langkah berikutnya, memasukkan adonan bolu kedalam loyang pembuatan kue bolu yang telah diolesi dengan mentega. kemudian dikukus sekitar 20 menit hingga bolu benar-benar matang.

Sembari menunggu proses pengukusan adonan bolu tadi, langkah berikutnya menyiapkan panci untuk digunakan mencampurkan air, gula merah, vanili dan garam. Seluruh campuran tadi lalu dididihkan hingga gula merahnya mencair dan larut.

Setelah gula merah betul-betul telah larut, kemudian dilakukan penyaringan hingga tak ada ampas yang ikut.

Adonan bolu yang sudah matang melalu proses kukus tadi kemudian diangkat lalu dipotong-potong sesuai selera. Kemudian celup bolu ke dalam air gula merah yang sudah dididihkan sebelumnya sampai warna bolu menjadi kecoklatan.

Lakukan berulang-ulang sampai semua bolu yang sudah dipotong-potong tadi di celup kedalam air rebusan gula merah. Silahkan sajikan bolu peca bersama teh hangat atau kopi hitam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.