Sukses

Misteri Jalan Pawiyatan Luhur Semarang yang Selalu Ambles

Setiap kali Jalan Pawiyatan Luhur ambles, Pemkot Semarang langsung memperbaiki. Namun anehnya, jalan itu ambles lagi, bahkan semakin dalam.

Liputan6.com, Semarang - Jalan Pawiyatan Luhur, Bendan Duwur, Gajahmungkur, Semarang, Jawa Tengah, selalu ambles sepanjang tahun. Tak peduli siapa yang menjabat sebagai wali kota, jalan ambles ini seperti menggoda kreativitas untuk menyiasati.

Terletak persis di depan Kampus Universitas 17 Agustus 1945 (Untag), jalan ini sudah ambles hingga lima kali sepanjang 2017. Empat kali diperbaiki, selalu ambles. Kali ini adalah ambles yang kelima.

Menurut Dodik, warga setempat, setiap kali jalan ambles kedalamannya bervariasi, rata-rata 10-25 sentimeter.

"Jalan ini sejak dulu sering ambles. Enggak tahu kalau zaman Belanda sudah ada belum. Tapi beberapa wali kota selalu memperbaiki dan selalu ambles lagi," kata Dodik kepada Liputan6.com, Rabu (7/3/2018).

Sebelumnya sepanjang 2017, Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang sudah memperbaiki. Anehnya, pada ambles berikutnya kemiringan jalan semakin tajam. Kendaraan harus lewat bergantian.

Amblesnya jalan ini tentu mengganggu aktivitas. Bukan hanya secara ekonomi, tapi juga kelancaran studi. Itu karena di jalan tersebut sangat banyak perguruan tinggi swasta.

"Menurut saya, perbaikan jalan ambles ini harus mengatasi masalah secara permanen. Bukan sekadar diuruk dan diaspal kembali," ujar Dodik.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kajian Teknis

Kepala DPU Kota Semarang, Iswar Aminuddin menyebutkan penyebab Jalan Pawiyatan Luhur selalu ambles adalah adanya patahan di dalam tanah. Jalan ini terletak di kedalaman 60 meter sehingga tak terlalu dalam.

"Mungkin akan dilakukan rekayasa konstruksi untuk menstabilkan tanah," kata Iswar.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi atau akrab disapa Hendi, sebenarnya langsung memerintahkan perbaikan. Perbaikan yang dilakukan memang bersifat sementara sambil menunggu solusi yang bersifat permanen.

"Saat ini diupayakan perbaikan. Saya tadi melihat, tanah sudah dikepras. Nanti setelah rata tinggal di-hotmix (diaspal), sudah bisa digunakan lagi," ucap Hendi, Selasa (6/3/2018).

Hendi mengakui bahwa jalan ini misterius. Berbeda dengan jalanan lain, tentu saja ada hubungannya dengan letaknya yang berada di daerah patahan.

"Beberapa metode rekayasa konstruksi sudah dilakukan dan tetap saja masih ada patahan-patahan jalan," kata Hendi.

Secara ilmiah, Hendi kemudian meminta dicarikan solusi yang permanen. Saat ini riset masih berjalan. Bahkan, pembangunan jalan baru sebagai alternatif solusi juga sudah dipikirkan.

"Namun jika menunggu itu selesai, akan lama sekali. Maka tempat ini kita perbaiki dulu sambil kemudian memikirkan jalur alternatif maupun rekayasa konstruksi yang lain yang memungkinkan orang  bisa lewat sini dengan nyaman," tutur Hendi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.