Sukses

Warga Satu Desa Kompak Menanam Bunga untuk Usir Hama

Kali ini bukan katakan cinta dengan bunga, tapi usir hama dengan bunga.

Liputan6.com, Ponorogo - Ada yang berbeda dengan Dusun Jajal, Desa Lembah, Kecamatan Babadan, Ponorogo. Sepanjang jalan areal persawahan terdapat deretan bunga yang berwarna-warni, mulai dari bunga kenikir, bunga matahari, dan lain-lain.

"Bunga-bunga ini ditanam bukannya tanpa alasan, bunga ini bisa mengusir hama pada tanaman padi," tutur Hartono saat ditemui Liputan6.com, Sabtu, 3 Maret 2018.

Hartono menambahkan bunga-bunga ini dinamakan tanaman refugia yang memang fungsinya sebagai pengendali hama. Selain bisa mengusir hama, bunga ini juga sedap dipandang mata. Bahkan, bisa juga dijadikan latar swafoto yang menarik.

"Tanaman refugia ini sebagai penarik serangga musuh alami dan serangga hama tanaman untuk tinggal di bunga-bunga ini," jelasnya.

Pria yang juga menjabat sebagai ketua kelompok tani ini mengaku program penanaman tanaman refugia ini berasal dari sekolah lapang pengendalian hama terpadu yang digelar oleh Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur.

"Awalnya dari 40 petani anggota kelompok tani Mukti Tani hanya ada 15 petani yang mau menanam bibit bunga di pematang sawah," ujarnya.

Hartono menjelaskan dengan adanya tanaman refugia ini, populasi hama yang biasanya menyerang tanaman padinya langsung menurun drastis.

"Setelah ditanami bunga-bunga ini mampu mengurangi hama tanaman padi, biasanya sering nyemprot pakai pestisida sekarang sudah jarang," terangnya.

"Biasanya kan bisa 4-5 kali nyemprot padi, sekarang cukup satu kali semprot. Akhirnya banyak yang ikut menanam bunga ini," dia menambahkan.

 

Simak video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perawatan Bunga

Menurut Hartono, perawatan tanaman refugia ini tergolong mudah, bibit yang didapat langsung disemai kemudian ditanam di pinggir jalan atau di pematang sawah. Sembari sesekali diberi pupuk dan disiram pasti tumbuh.

"Bahkan sekarang hampir satu desa nanam bunga semua," imbuhnya.

Hartono menuturkan tanaman bunga-bungaan penghalau hama ini dinamai tanaman refugia. Jenisnya banyak, mulai dari bunga matahari, bunga kenikir, bayam, kembang kertas, tapak dara, dan jengger ayam.

"Namun sementara kami masih menanam bunga refugia di sepanjang jalan di lahan kami, selain untuk keindahan juga berfungsi menghalau hama," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.