Sukses

Damainya Pagi Bercengkerama dengan Camar di Pantai Burung Batu

Di lokasi ini ada tiga salib yang didirikan di sebuah bukit batu di pinggir pantai yang menjadi ikon pantai ini.

Liputan6.com, Kupang - NTT sungguh kaya wisata budaya dan baharinya. Sayang, masih banyak potensi wisata NTT yang belum terjamah termasuk Pantai Batu Burung.

Pantai Batu Burung terletak di Desa Oebali, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Pantai ini diberi nama Batu Burung karena banyaknya batu dan burung camar bertengger di atas batu-batu yang berada di pinggir pantai.

"Kadang batunya tidak kelihatan karena banyak sekali burung camar yang bertengger di batu. Terlebih saat pagi dan sore," ujar Kepala Desa Oebali, Paulus Lote kepada Liputan6.com, Minggu, 21 Januari 2018.

Menurut Paulus, Pantai Batu Burung termasuk dalam deretan pantai selatan yang terkenal dengan ombak yang cukup keras. Sebagian besar bibir pantai banyak terdapat batu-batu dengan berbagai ukuran dari kecil, sedang sampai besar.

Bebatuan ini sering dijadikan sebagai objek foto. Untuk bagian yang berpasir cokelat kehitaman sering digunakan sebagai tempat bermain dan mandi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salib sebagai Ikon Pantai

Di lokasi ini ada tiga salib yang didirikan di sebuah bukit batu di pinggir pantai yang menjadi ikon pantai ini.

"Salib itu hasil karya warga, sekedar menambah keunikan pantai ini," kata Paulus.

Dia mengatakan, jika dikelola oleh pemerintah dengan baik maka Pantai Batu Burung akan jadi destinasi wisata unggulan dan bukan saja menarik perhatian domestik namun juga wisatawan asing.

"Akses jalan saja masih rusak. Jika ada perhatian pasti akan menjadi tujuan wisata," imbuh Paulus.

Saat berkunjung ke sini sebaiknya anda membawa makanan sendiri dan menggunakan mobil karena akses jalan menuju lokasi ini masih rusak. Pantai yang lebih dikenal dengan nama Oebali ini, kini banyak dikunjungi oleh masyarakat Kota Kupang dan sekitarnya.

Untuk ke lokasi ini, diiperlukan waktu sekitar 1 jam 30 menit dari Kota Kupang. Di sana anda hanya menyetor Rp 3000 ke pos penjagaan Anda akan puas menikmati indahnya Pantai Batu Burung.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.