Sukses

Pemuda Jogja Bikin Robot Dinosaurus yang Bisa Tarik Gerobak

Ia dan tim membutuhkan waktu lebih dari 2 bulan untuk menciptakan Tyrex yang mirip dengan aslinya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Lulusan SMK Muhamadiyah 3 Yogyakarta berhasil membuat robot dinosaurus jenis Tyrex. Robot unik ini diberi nama Animatronix Dinosaurus.

"Ini bisa angkut beban seberat 50 kg. Jarak tempuh belum diitung ya, tapi batas waktunya bisa sampai 30 menit," kata M Ikbal Firmansyah di kediamannya Purbayan, Kotagede, Kota Jogja Jumat, 19 Januari 2018.

Ia membuat robot dinosaurus bersama timnya yang terdiri dari lima orang yang memiliki spesifikasi teknis, elektro dan visual. Ia dan tim membutuhkan waktu lebih dari 2 bulan untuk menciptakan Tyrex yang mirip dengan aslinya.

"Bulan November mulainya masih belum jadi seratus persen masih banyak yang diperbaiki," ujarnya.

Ia mengaku untuk membuat robot dinosaurus sudah menghabiskan uang sebanyak Rp 20 juta. Paling banyak pengeluaran ada di bidang riset robot Tyrex ini.

"Sejauh ini mahal ke riset total Rp 20 juta. Gonta-ganti besi sampai nemu jalannya pas. Kita buat yang sereal mungkin," kata lulusan SMK Otomotif Jurusan Teknik Kendaraan Ringan.

 

 

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ide Awal Patung Dinosaurus

Ikbal mengatakan ide membuat robot Tyrex ini saat jalan ke suatu wahana bermain di Yogya awal tahun 2017. Saat akan memegang patung dinasaurus namun tidak diperbolehkan oleh pegawainya.

"Ide dari ga boleh dipegang, pas mau tidur habis dari wahana cari cara bagaimana bisa pegang dan bikin," katanya.

Setelah mendapat ide membuat dinosaurus sendiri ia pun mulai riset bagaimana membuat Tyrex. Akhirnya setelah berbagai tahap Tyrex dibuat sedemikian mirip mulai dari bentuk, suara hingga cara berjalan.

"Pertama bikin gerakan kaki dulu, kecil dulu lama kelamaan dapat problem kok kaku, lalu kita bikin lagi baru dapat seperti ini," katanya.

Pria kelahiran 1999 ini mengaku, proses yang paling lama adalah menyelesaikan pembuatan mekanisme gerak. Setelah ketemu masalahnya saat yangi aI mampu membuat dua unit Tyrex dalam waktu satu bulan saja.

"Sebeanrnya agak pesimis jadi atau ga tapi karena timnya solid ya jadi lah akhirnya," katanya.

Ikbal menjelaskan membuat Tyrex ini perlu beberapa komponen seperti gear box, dinamo motor listrik, mekanisme gerak kakinya, rangka besi hulu dan besi baja. Semua dapat berfungsi karena ada dinamo dan aki mobil.

"Bahan dari spons ati warna hitam, busa, silikon, kerangka dari besi hulu dan baja. Menariknya dinamo motro listrik dayanya aki 12 volt 45 amphere," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Dijual Rp 25 Juta

Ikbal mengaku untuk Tyrex dan berbagai produk lainnya siap dibuatkan. Sehingga jika memesan Tyrex ini prosesnya cukup membayar Rp 25 juta.

"Ya kalo mau jual Rp 25 juta kita terbuka kalo ada yang mau beli masih bisa," katanya.

Hingga saat ini beberapa perusahaan pemilik wahana di beberapa kota sudah menghubunginya. Namun satu wahana wisata yang sudah pasti pesan robot dinasaurus.

"Ada pesenan raptor udah ada dansudah hubungi besok mau kesini. Yang sudah hubungi itu dari mojokerto, Jakarta, taman pintar the lost catle Sleman," kata pemuda kelahiran 1999 ini.

Robot Tyrex ini secara keseluruhan mencapai 70-80 kg. Itu terdiri dari bobot keretanya 25 kg sedangkan tirex sampai 50-60 kg.

"Karena dinosaurus ini kan ada sisi edukasi untuk dikenalkan lebih dekat," ujarnya.

Ia pun sudah memiliki pandangan akan kembali membuat robot dinosaurus kembali namun dino yang berkaki empat. Hal ini demi memudahkan gerak kakinya.

"Mungkin gajah atau jenis dinosaurus kayak badak triseraptor mekanismenya agak mudah. Kita pakai astarix istilah saya sendiri (gerak kaki)," katanya.

Naila, anak sekitar Purbayan mencoba menaiki gerobak yang ditarik Tyrex. Ia mengaku senang walaupun sempat takut.

"Seru tapi takut jomplang tapi mau naik lagi," katanya

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.