Sukses

Jalur Evakuasi Pengungsi Erupsi Merapi Makin Parah

Jalur evakuasi khusus untuk pengungsi erupsi Gunung Merapi sudah coba diportal warga. Namun, portal baru malah patah jadi dua.

Liputan6.com, Sleman - Jalur evakuasi bencana erupsi Gunung Merapi di Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, makin parah.

"Kerusakan jalur evakuasi akibat dilalui truk bermuatan tambang Merapi yang cukup padat," kata Dukuh Cakran Wukirsari Cangkringan, Yudi Antoni di Sleman, Jumat (12/1/2018), dilansir Antara.

Ia mengatakan bahwa kondisi jalur evakuasi di Dusun Duwet dan Gondang sudah banyak titik jalan yang mengelupas dan jalannya bergelombang. Ia berharap agar truk muatan pasir melewati jalur khusus.

Menurut dia, masih beruntung jalur evakuasi pengungdi Merapi di Dusun Cakran masih tergolong baik karena warga sepakat untuk menutup jalur tersebut dengan portal.

"Pemberian portal di jalur tersebut karena sering dilewati kendaraan berat, seperti truk pengangkut pasir. Kami minta truk pengangkut pasir untuk tidak melewati jalur ini," katanya.

Meski telah dipasang portal, kata Yudi, beberapa kali truk pengangkut pasir masih nekat menerobos. Portal itu sudah beberapa kali rusak ditabrak meskipun sudah ada rambu-rambu peringatan.

"Jalan tersebut berstatus jalan kabupaten. Ini portal sudah baru lagi. Dibiayai desa. Kemarin habis ditabrak lagi sampai plangnya putus jadi dua, padahal posisi portal terbuka," katanya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerusakan Hampir Merata

Untuk menyelamatkan jalur evakuasi, dia berharap agar jalur khusus penambangan milik provinsi segera dibenahi.

"Setahu saya jalur khusus trek penambangan itu selama izin tambang di lokasi atas keluar, baru sekali diperbaiki dan langsung rusak," katanya.

Selain di Duwet dan Gondang, Wukirsari, jalur yang rusak juga berada di sepanjang Plosokerep hingga Plupuh, Umbulharjo. Jika kerusakan dibiarkan, dikawatirkan akan makin parah.

Wiwid, warga Plosokerep, Umbulharjo, mengatakan bahwa kerusakan jalur evakuasi tersebut karena banyak truk bermuatan pasir lewat jalan tersebut.

Warga berharap pemerintah segera menyelamatkan jalur tersebut dan memperbaiki yang rusak.

"Kalau di Plosokerep tidak serusak di Plupuh. Di Plupuh, kondisinya lebih parah lagi," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.