Sukses

2 Jet Ski Baru Siap untuk Operasi di Pantai Selatan

Jet ski baru itu bakal segera meluncur di pantai selatan Yogyakarta menggantikan perahu dayung.

Liputan6.com, Bantul - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menambah dua jet ski untuk mendukung personel Tim SAR maupun Polisi Air dan Udara dalam melakukan pengamanan wilayah pantai setempat.

"Memang setelah saya menjabat pada 2016, sudah mengusulkan pengadaan peralatan ini semua, jadi saya belajar dari situasi dan kondisi yang ada di pantai Bantul," kata Bupati Bantul Suharsono usai penyerahan dua jet ski di Lapangan Paseban Bantul, Kamis (11/1/2018), dilansir Antara.

Menurut dia, pengadaan dua jet ski pada 2017 itu karena pengalaman kasus kecelakaan laut di pantai selatan Bantul. Salah satu kecelakaan adalah ketika anak-anak pondok pesantren yang hanyut di Pantai Parangtritis saat bermain di pantai di sela melakukan kegiatan pondok pesantren.

"Saat ini kan kita baru punya perahu dayung, padahal arus pantai itu kan deras. Jadi kita uji coba dua jet ski dulu," katanya.

Ia mengatakan satu jet ski diperuntukkan bagi tim SAR, sedangkan satu unit lainnya akan diberikan kepada Polair. Kedua jet ski itu bisa disiagakan sepanjang libur di pantai.

"Kalau perlu (petugas) berkeliling," ujar Bupati Bantul.

Dengan perahu jet ski itu, kata dia, diharapkan para personel pengamanan pantai bisa mengantisipasi kecelakaan laut dengan memberitahukan kepada anak-anak maupun wisatawan agar jangan sampai bermain air hingga ke tengah.

Pengadaan jet ski juga diharapkan bisa membantu orang yang hanyut dengan cepat. Kedua jet ski itu masih akan diujicobakan efektivitasnya.

"Nanti kalau efektif dan manakala nanti kurang, tahun ini saya usulkan. Bahkan tahun depan saya tambah satu lagi," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Tanggap Bencana

Selain menyerahkan bantuan dua perahu jet ski untuk Polairud dan Tim SAR Bantul, Bupati juga menyerahkan sebuah mobil yang dilengkapi repeater untuk relawan Radio Antarpenduduk Indonesia (RAPI) Bantul untuk membantu memaksimalkan penanganan bencana di seluruh daerah itu.

"Bantul kan sering mengalami bencana alam seperti yang belum lama terjadi yaitu banjir dan tanah longsor, itu kita dibantu oleh RAPI. Makanya, fasilitas komunikasi semuanya harus siaga manakala ada bencana,," katanya.

Menurut Bupati, jaringan yang terdapat dalam mobil repeater tersebut sudah dicoba di seluruh wilayah Bantul dan tidak ada gangguan serta tidak ada hambatan, sehingga diharapkan bisa dimanfaatkan secara maksimal.

"Jadi dengan bantuan mobil dan repeater itu akan sangat bermanfaat untuk komunikasi para relawan, walaupun pakai HT (handy talky) kekuatan hanya 2,5 watt," katanya.

Adapun penyerahan peralatan penanggulangan bencana oleh Bupati Bantul itu dilakukan bertepatan dengan apel kesiapsiagaan dan gladi pemadam kebakaran dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul ke-7.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.