Sukses

Wah, Ada Tiruan Menara Masjid Kudus di Malaysia

Masjid Menara Kudus ini menjadi perwakilan masjid besar dari Indonesia yang dipilih untuk bersanding dengan masjid besar lainnya di dunia.

Kudus - Masjid Menara Kudus yang menjadi markah tanah (landmark) Kota Kudus merupakan salah satu bukti sejarah perkembangan Islam di Indonesia. Para wisatawan yang pernah berkunjung ke Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) tentu sudah bisa menikmati keindahan arsitektur yang unik dari menara Masjid Kudus ini.

Namun siapa sangka tiruan menara tersebut juga ada di Malaysia, tepatnya di Taman Tamadun Islam. Bersanding dengan masjid-masjid megah lainnya di dunia, Masjid Menara Kudus dipilih sebagai perwakilan masjid dari Indonesia.

Kisah tiruan menara Masjid Menara Kudus nan unik di Malaysia itu ramai dibicarakan publik pengguna internet atau warganet setelah fotonya diunggah pengguna akun Instagram @backpackology, Sabtu, 6 Januari 2018. Pemilik akun itu menyatakan tiruan menara itu berada di Terengganu, Malaysia.

"Bangunan ini (menara seperti di Masjid Menara Kudus) mungkin terlihat familiar untuk orang Jawa Tengah, namun sejatinya bangunan ini ada di Negeri Terengganu, Malaysia," tulisnya pada keterangan foto yang dikutip Solopos.com.

Ia menambahkan menara itu merupakan tiruan dengan versi lebih kecil dibanding aslinya. "Ya, menara masjid Kudus dengan arsitektur khas candi hindu ini dibuat dalam versi miniatur di Taman Tamadun Islam di Terengganu," imbuhnya.

 

Baca berita menarik lainnya di Solopos.com di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Kudus Bangga

Foto yang berkisah tentang duplikat menara Masjid Menara Kudus nan unik itu kemudian diunggah ulang oleh pengelola akun Instagram @sekitarkudus beberapa saat kemudian. Sontak foto tiruan menara di Malaysia yang aslinya berada masjid yang juga salah satu objek wisata di Kudus tersebut mendapatkan beragam komentar.

Kebanyakan dari mereka yang mengaku sebagai warga Kudus merasa bangga lantaran bangunan di daerah mereka ditiru dan ditempatkan di negara lain. "Wahh. Bangga jadi orang Kudus nieh," ungkap pengguna akun Instagram @ambonlenny.

"Luar biasa Kudus," timpal pengguna akun Instagram @raramylia.

"Kota Kudus, selalu bikin bangga," tulis pengguna akun Instagram @masan_lebih_baik.

Menara di salah satu masjid yang kini juga sebagai objek wisata di Kabupaten Kudus itu merupakan bangunan bercorak Hindu dengan tinggi 18 meter. Menara yang tiruannya kini ada di Malaysia tersebut merupakan bangunan yang terletak di Masjid Menara Kudus yang selalu ramai dikunjungi wisatawan yang bertujuan untuk berziarah ke Kudus.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.