Sukses

55 Ekor Babi Tertimbun Longsor, 5 Selamat

Seluruh babi dari 13 kandang tertimbun. Dari 55 ekor, hanya lima babi yang selamat.

Liputan6.com, Tabanan - Puluhan ekor babi tertimbun tanah longsor di Banjar Asah Tegeh, Desa Karyasari, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali akibat daerah itu diguyur hujan deras dalam beberapa hari belakangan ini. Musibah tanah longsor tersebut terjadi Sabtu malam, 6 Januari 2018, sekitar pukul 20.30 waktu setempat.

Longsor menimbun 13 kandang dengan total 55 ekor babi di dalamnya. Seluruh babi tertimbun tanah longsoran. Setelah digali berkat bantuan masyarakat, hanya lima ekor yang selamat.

Fasilitas umum yang terkena dampak tanah longsor yakni bangunan suci Beji dengan kerugian sekitar Rp 15 juta.

"Tanah longsor tersebut juga berpengaruh terhadap rumah dan bangunan suci (Pelinggih) milik I Nengah Wiliana yang menimbulkan kerugian sekitar Rp250 juta," kata Kepala Dusun Asah Tegeh I Wayan Muliastra, Selasa (9/1/2018), dilansir Antara.

Fasilitas umum yang terkena dampak tanah longsor yakni bangunan suci Beji dengan kerugian sekitar Rp 15 juta. Demikian pula jembatan yang menjadi akses jalan bagi delapan kepala keluarga di daerah itu putus dengan kerugian sekitar Rp 10 juta serta "pelinggih penunggun karang" dengan kerugian Rp 3 juta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jembatan Bambu

I Wayan Muliastra menjelaskan, masyarakat telah bergotong royong mengatasi tanah longsor tersebut serta membuat jembatan bambu untuk kelancaran transportasi sementara bagi delapan KK tersebut.

Sementara, Perbekel Desa Karyasari I Nyoman Wiranata mengaku, pihaknya sudah melihat kondisi tanah longsor di Banjar Asah Tegeh dan sudah menyiapkan proposal permohonan bantuan dana ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabanan.

Sebelumnya, sebuah bale kulkul di Pura Ibu Kresna kepakisan, di jalan Anggrek gang XII Banjar Tegal Belodan, Desa Dauh Peken Kabupaten Tabanan terbakar akibat disambar petir saat terjadi guyuran hujan deras di daerah itu.

Dalam waktu bersamaan, terjadi angin putting beliung yang menyebabkan empat blok kandang ayam berkapasitas 4.500 ekor milik warga roboh hingga rata dengan tanah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

  • babi