Sukses

Awal Tahun, Mari Nikmati Keindahan Pulau Karamasang

Keindahan Pulau Karamasang masih tersembunyi dari publik karena belum dikelola dengan baik.

Liputan6.com, Polewali Mandar - Liputan6.com, Polewali Mandar - Selain wisata kuliner khas suku Mandar yang dijamin nikmat, di Kabupaten Polewali Mandar juga terdapat banyak tempat wisata yang masih belum tersentuh khalayak ramai. Salah satunya adalah Pulau Karamasang.

Pulau Karamasang adalah salah satu pulau yang terdapat di deretan pulau-pulau yang berada di Teluk Mandar. Pulau dengan pantai pasir putih ini terletak paling timur dari jejeran pulau-pulau yang secara administratif berada di Kelurahan Amassangan, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Muhammad Fahrun Syaid, salah seorang pelancong lokal yang pernah ke Pulau Karamasang, mengatakan di pulau tersebut wisatawan dapat melihat matahari terbit dan matahari terbenam.

"Di sana bisa lihat sunrise dan sunset. Kalau sunrise dari balik perbukitan deretan pulau, kalau sunset kita bisa lihat di laut," kata pemuda berambut cepak itu kepada Liputan6.com, Selasa, 2 Januari 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keindahan yang Tersembunyi....

Untuk ke Pulau Karamasang, Fahrun menjelaskan terlebih dahulu pelancong harus menggunakan kapal mesin berukuran kecil yang warga setempat biasa sebut katinting dari pinggir pantai Pantai Binuang.

"Naik katinting dari Binuang, sekitar 10 sampai 15 menit. Ongkosnya Rp 15 ribu per orangnya," terangnya.

Selain terdapat pantai dengan pasir putih yang landai di sisi selatannya, terdapat pula pepohonan yang rindang untuk pelancong berteduh menikmati semilir angin laut yang sejuk.

"Pasirnya putih. Sepanjang pantai banyak pohon juga, jadi enak untuk berteduh," ucap Fahrun.

Selain bersantai di pinggir pantai, Pulau Karamasang juga jadi tempat yang keren untuk melaksakan aktivitas wisata lain, seperti out bound, memancing, diving, snorkling, berenang, bahkan untuk melakukan penelitian.

"Lautnya jernih, terumbu karangnya masih bagus, jadi bisa untuk diving atau hanya sekadar snorkling. Bisa juga untuk outbound atau tracking. Kadang ada wisatawan yang berkemah di puncak Bukit Karamasang atau di bibir pantainya," kata dia.

 

 

3 dari 3 halaman

Belum Dikelola Secara Baik

Selain pantainya yang keren, di Pulau Karamasang pelancong dapat naik ke sebuah bukit untuk melihat pemandangan yang indah. Dari atas bukit itu pelancong dapat melihat rimbunnya pepohonan di area Pulau Karamasang dan pohon mangrove yang melindungi Pulau Karamasang dari ombak besar laut Teluk Mandar.

"Dari bibir pantai ke puncak Bukit Karamasang itu sekitar 30 menit jalan kaki, lumayan bikin capek karena tanjakan, tapi sesampainya di atas pasti capeknya terobati karena pemandangan yang luar biasa," jelas pemuda berusia 18 tahun itu.

Fahrun mengungkapkan, Pulau karamasang belum begitu banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Sebab, Pulau Karamasang belum dikelola secara baik oleh pihak pemerintah kabupaten ataupun pihak swasta.

"Masih kurang populer dibandingkan dengan pulau lain di deretan pulau-pulau Teluk Mandar, seperti Pulau Tonyamang, Pulau Pasir Putih, Pulau Dea-De, Pulau Landea, dan lain sebagainya. Tapi pemandangannya dijamin tidak kalah keren dan bagus dibanding pulau lain," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.