Sukses

Insiden Tahun Baru, 6 Kapal Nelayan Cilacap Tenggelam di Kaliyasa

Tragedi itu terulang di awal tahun baru 2018 ini. Sedikitnya enam kapal tenggelam di Sungai Kaliyasa, Cilacap

Liputan6.com, Cilacap - Masih lekat di ingatan, pada Oktober 2016 lalu, air bah Sungai Kaliyasa menyeret dan menenggelamkan puluhan kapal nelayan pesisir Cilacap. Tragedi itu terulang di awal tahun baru 2018 ini. Sedikitnya enam kapal tenggelam di Sungai ini, Selasa (2/2/2017).

Namun, kali ini bukan air bah Kaliyasa penyebabnya. Hujan deras semalam suntuk diduga menyebabkan sejumlah kapal penuh dengan air dan tenggelam.

Sepekan terakhir, intensitas hujan di Cilacap cenderung menurun. Seringkali hujan rintik-rintik hanya terjadi pada sore atau malam hari.

Begitu pula yang terjadi pada Senin sore. Gerimis menyapa seluruh kawasan Cilacap. Celaka, tiba-tiba turun gerimis itu berubah menjadi hujan nan lebat turun ketika sebagian besar nelayan telah lelap, sekitar pukul 22.00 WIB.

Gemuruh hujan itu rupanya tak mampu membangunkan nelayan yang lalai. Badan perahu pun penuh air dan akhirnya kapal tenggelam. Nelayan baru mengetahui kapalnya tenggelam menjelang pagi.

Kapal-kapal tenggelam ini merupakan milik nalayan pesisir Cilacap, terutama yang tinggal di bantaran Sungai Kaliyasa, Cilacap Selatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nelayan Bergotong Royong Evakuasi Kapal-Kapal yang Tenggelam

Informasi yang diperoleh, enam kapal yang tenggelam tersebut adalah adalah milik Waris, Ganepo, Saliman, Mukhayat, Sujono, dan Dasiman.

"Karena hujan deras semalam, jadi air hujan masuk ke perahu tidak sempat dikuras, karena hujan semalaman," ucap Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Cilacap, Teuku Iskandar Muda, Selasa, 2 (2/1/2018).

Kapal yang ditambatkan di Sungai Kaliyasa memang jenis kecil, seperti compreng, yang berukuran di bawah 10 gross ton (GT). Sebab itu, kapal pun mudah penuh oleh guyuran hujan lebat. Ditambah lagi, nelayan kerap lalai menguras dasar perahu yang penuh air tatkala pulang melaut.

Namun begitu, Teuku memastikan tak ada perahu yang terseret air bah seperti peristiwa tenggelamnya puluhan kapa pada Oktober 2016 lalu. Kapal hanya tenggelam dan bergeser, namun masih berada di area tambat muara Sungai Kaliyasa.

Mulai Selasa pagi, nelayan bergotong royong mengevakuasi perahu yang tenggelam tersebut. Perahu lantas diangkat ke darat untuk diperbaiki.

3 dari 3 halaman

Oktober 2016, 60 Kapal Terseret Air Bah Kaliyasa

Pada Oktober 2016 lalu, puluhan kapal nelayan di Sungai Kaliyasa terseret banjir Kaliyasa. Tercatat sebanyak 60 kapal terseret banjir. 29 di antaranya tenggelam.

“Itu tenggelamnya bukan di laut, tetapi di Sungai Kaliyasa, di tambatan,” dia menerangkan.

Nelayan Cilacap mesti mewaspadai hujan deras yang kerap terjadi di daerah ini pada Januari 2018 ini. Pasalnya, berdasar perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMK) Desember dan Januari adalah puncak musim penghujan.

Ia juga menyarankan agar nelayan berhati-hati kala melaut. Pasalnya, cuaca buruk dan gelombang tinggi kerap mengintai di perairan selatan selama puncak musim penghujan dan angin baratan.

Lagi pula, perolehan ikan nelayan Cilacap jauh menurun pada musim penghujan. Ikan disebut tak muncul jika terjadi cuaca buruk dan ombak tinggi.

“Harus hati-hati ketika melaut. Ombak sedang tinggi, anginnya juga kencang,” dia mengimbau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.