Sukses

Cuaca Buruk Masih Menghantui Daerah Kepemimpinan Bupati Cantik

BMKG Wilayah IV Makassar mengimbau masyarakat Kabupaten Luwu Utara, salah satunya, untuk waspada cuaca buruk hingga malam hari.

Liputan6.com, Makassar - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memprediksi ada beberapa kabupaten di Sulsel yang masih akan mengalami cuaca buruk hingga tengah malam nanti. Salah satunya Kabupaten Luwu Utara (Lutra) yang dipimpin oleh bupati cantik, Indah Putri Indriani.

Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, Daryatno membenarkan jika Kabupaten Lutra yang beribu kota Masamba masuk dalam daftar daerah yang masih dilanda cuaca buruk yakni masih terjadi hujan lebat hingga pukul 21.40 Wita nanti.

Selain Kota Masamba yang merupakan ibu kota kabupaten yang dipimpin bupati cantik, Indah, kata Daryatno, daerah lainnya yang dilanda cuaca yang sama yakni Sabbang, Baebunta, Malangke, Mangkutana, Malili, Kota Palopo, Rantepao, Toraja dan dapat meluas ke wilayah Malangke barat, Burau, Tanalili dan sekitarnya.

"Beberapa daerah yang kami sebutkan itu, diperkirakan tak hanya hujan lebat, tapi juga disertai kilat atau petir dan angin kencang hingga tengah malam nantinya," kata Daryatno kepada Liputan6.com, Senin (1/1/2018).

Dengan prakiraan cuaca yang terjadi tersebut, Daryatno mengimbau agar masyarakat yang berdomisili di Kabupaten yang dimaksud untuk tetap waspada terhadap sejumlah bencana, seperti longsor, banjir, pohon tumbang, dan sengatan kilat.

"Imbauan ini kita juga sudah sebarkan ke Pemerintah Kabupaten yang dilanda serta instansi terkait untuk dilakukan langkah antisipasi seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan SAR," ungkap Daryatno sembari mengatakan tanpa terkecuali kepada dinas terkait yang ada di Kabupaten yang dipimpin oleh bupati cantik, Indah Putri Indriani.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cuaca Buruk Masih Berlanjut

Cuaca yang sama esoknya, Selasa, 2 Januari 2018, kata Daryatno, BMKG memprediksi akan terulang di daerah yang sama pada siang hingga sore harinya. Intensitas hujan meningkat dan dapat berdampak banjir, longsor, serta pohon tumbang.

"Hujan sedang hingga lebat masih terjadi di wilayah yang sama yakni Masamba, Rantepao, Palopo, Makale, dan Enrekang," terang Daryatno.

Sementara, daerah lainnya di Sulsel di antaranya Makassar, Sungguminasa, Pangkajene, Maros, Malili, Bulukumba, Selayar, dan Barru diperkirakan berawan.

"Hasil prakiraan BMKG, besoknya suhu udara antara 21-31°C, kelembaban Udara 70 – 95% dan angin bertiup dari arah Barat Daya ke Barat Laut dengan kecepatan 05-30km per jam.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.