Sukses

Cirebon Tanpa Car Free Night di Malam Tahun Baru

Cirebon tetap memberlakukan rekayasa lalu lintas meski acara car free night batal dilaksanakan di malam tahun baru.

Liputan6.com, Cirebon - Tahun baru tinggal menghitung jam. Sesuai arahan Direktorat Lalu Lintas Polda Jabar, setiap wilayah di Kota dan Kabupaten di Jawa Barat agar menggelar Car Free Night pada malam tahun baru.

Car Free Night tersebut bertujuan untuk mengurai kendaraan agar tidak fokus pada satu titik. Namun demikian, kata dia, gelaran Car Free Night di Kota Cirebon terpaksa batal.

Dia menyebutkan, pada malam tahun baru, Kota Cirebon menggelar pengajian dan zikir akbar di alun-alun Kejaksan. Zikir akbar tersebut diprediksi akan mengundang banyak massa.

"Sudah kita ajukan dan sudah mendapatkan persetujuan," ujar Kasat Lantas Polresta Cirebon AKP Rezkhy Satya Dewanto, Jumat 29 Desember 2017.

Kendati demikian, pihaknya tetap berkordinasi dengan Polres lain yang ada di Kabupaten Cirebon, Kuningan, Majalengka dan Indramayu. Ratusan personel juga diterjunkan di wilayah perbatasan untuk mengurai macet di malam pergantian tahun.

"Total anggota yang disiapkan dari Satuan Lalu lintas sendiri jumlahnya kurang lebih ada 120 anggota dan dibantu juga oleh Sat Shabara, dan Sat Reskrim," ujar dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Berlakukan Satu Jalur

Rezkhy menyatakan Cirebon diprediksi termasuk salah satu wilayah yang diserbu masyarakat Pantura Jawa Barat untuk merayakan tahun baru nanti. Untuk itu, pihaknya menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Dalam rekayasa lalu lintas, kendaraan yang datang dari arah Kabupaten khususnya Trusmi, akan dialihkan menuju Bypass Kedawung. Sementara, kendaraan dari arah Kedawung akan dialihkan ke arah Jalan Pemuda.

Pengalihan arus dari wilayah Barat Kota Cirebon tersebut karena banyak masyarakat yang akan berkunjung ke pusat perbelanjaan di Jalan Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon. Kendaraan yang akan berkunjung ke pusat perbelanjaan tersebut akan diarahkan melewati Jalan Gunung Sari.

"Supaya tidak terjadi crossing terlalu banyak di Cipto-nya," kata dia.

Petugas, kata dia, akan menambah personel pengamanan khusus di jalur putar balik Jalan Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon. Untuk kelancaran kendaraan pada malam tahun baru nanti, polisi tidak berencana memberlakukan satu jalur.

Dia mengatakan, jika diberlakukan one way, harus banyak jalur alternatif dan pertebal personil. Sementara itu, kapasitas jalan tidak sesuai dengan jumlah kendaraan, sehingga menimbulkan simpul titik kemacetan baru.

"Bukan berarti uji coba one way tidak berhasil, namun langkah kedua sudah harus dipersiapkan selanjutnya," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Daftar Rekayasa Pengalihan Arus

Berikut rencana pengalihan arus lalu lintas pada malam tahun baru di Kota Cirebon:

1. Kendaraan dari Jl. Tuparev di arahkan ke Jl. Wahidin dan tidak diperbolehkan lurus ke arah Kartini

2. Kendaraan dri Jl. Cipto diarahkan ke Jl. Wahidin dan ke Jl. Tuparev

3. kendaraan dri Jl. Kartini diarahkan ke Jl. Cipto Mk

4. Kendaraan dari Jl. Wahidin di arahkan ke Jl. Cipto Mk

5. Kendaraan dari arah Jl. Pemuda mengarah ke perempatan Latpri dialihkan ke Jl. Cipto (Denpom) maupun lurus ke Jl. Sudarsono.

6. Kendaraan dari arah Jl. Cipto (Denpom) diarahkan ke Jl. Pemuda maupun ke Jl. Sudarsono.

7. Apabila terjadi kepadatan di persimpangan Gunungsari dan Jl. Tuparev, akan dilakukan pemendingan di persimpangan Kedawung.

8. Kendaraan dari jl. Veteran diarahkan ke Jl. Siliwangi (PGC) dan ke arah Jl. Kartini.

9. Kendaraan dari Jl. Siliwangi (PGC) diarahkan ke Jl. Veteran

10. Kendaraan dari Jl. Kartini diarahkan ke Jl. Siliwangi (PGC)

11. Kendaraan dari Jl. Siliwangi (Balkot) diarahkan ke Jl. Veteran.

12. Kendaraan dari Jl. Slamet Riyadi diarahkan ke Jl. Diponegoro dan tidak diperbolehkan belok kanan ke arah Siliwangi.

13. Kendaraan dari Jl. Diponegoro diarahkan ke Jl. Gunungjati

14. Kendaraan dari Jl. Gunungjati diarahkan ke Jl. Diponegoro.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.