Sukses

Tahun Baru di Semarang? Cek Pengalihan Arus Jalan

Untuk perayaan tahun baru di Semarang, ada tiga titik jalan utama yang akan ditutup. Cek pengalihan arusnya.

Liputan6.com, Semarang - Perayaan Tahun Baru 2018 di Semarang akan diadakan di beberapa titik. Selain dimaksudkan untuk memecah keramaian, juga untuk lebih mendekatkan kepada masyarakat. Akibatnya, ada antisipasi rekayasa lalu lintas agar semua rute bisa lancar.

Menurut Kepala Dinas perhubungan Kota Semarang, M. Khadik, sejumlah jalan akan ditutup. Setidaknya ada tiga titik jalan yang ditutup karena sudah menjadi tradisi tahunan perayaan malam pergantian tahun.

"Penutupan diberlakukan di jalan protokol, yakni jalan Pandanaran, jalan Pemuda dan kawasan Simpang Lima. Itu yang utama," kata Khadik, Sabtu, 30 Desember 2017.

Jalan Pandanaran merupakan jalan protokol yang setiap malam pergantian tahun selalu macet. (foto: Liputan6.com/ibra/edhie prayitno ige)

Akibat penutupan itu, semua jalur yang mendekati lima titik area pusat perayaan malam tahun baru dialihkan. Yang pertama adalah jalan Pandanaran menuju kawasan Simpang Lima.

Rekayasa lalu lintas diawali di Jalan MH Thamrin, sampai Kampung Kali. Ruas yang biasanya searah ini akan diberlakukan dua arah.

Kemudian di Jalan Pemuda mulai dari depan Paragon Mall hingga Tugumuda ditutup total. Sebagai gantinya, Jalan Indraprasta dan Jalan Imam Bonjol diberlakukan dua arah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Di Sini Musik, di Sana Musik

Untuk lalu lintas dari Pasar Johar menuju Tugumuda dialihkan melalui jalan Piere Tendean melintas melalui Jalan Imam Bonjol yang juga diberlakukan menjadi dua arah, baru sampai Tugumuda.

"Untuk akses dari Tugu Muda menuju Johar akan diarahkan melalui Jalan Imam Bonjol (menjadi dua arah) menuju Jalan Tanjung dan Jalan Pemuda baru tiba di Johar," kata Khadik.

Dari arah Jalan Indraprasta, harus melewati Jalan Imam Bonjol menuju Jalan Tanjung dan Jalan Pemuda,maka akan sampai di Johar.

Kepala Humas dan Bagian Protokol Setda Kota Semarang, Achyani mengatakan akan terdapat lima titik perayaan Tahun Baru 2018. Masing-masing di Balai Kota, Simpang Lima, Taman Tabanas, Pantai Marina, dan Tugumuda.

"Untuk di Balai Kota ada Rockstar, Sangkala, The Corps Polda Band, dan OM Dewandaru. Gratis. Silakan datang, acara mulai pukul 19.00 WIB," kata Achyani.

Selain lima titik acara yang tergolong besar, ada pula acara lain misalnya di Kecamatan Mijen dan Pedurungan. Rata-rata menyajikan musik sebagai sajian utama. (ibra)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.