Sukses

Ketika Risma dan Inul Satu Panggung Bicarakan Suami di Hari Ibu

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar peringatan Hari Ibu Nasional 2017 dengan tema Perempuan Berdaya Indonesia Jaya, di halaman Taman Surya Surabaya, Jumat (22/12/2017). Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, pedangdut kesohor Indonesia, Inul Daratista, dan artis senior, Soraya Haque, terlibat dalam satu panggung.

Dalam kesempatan itu, Risma berpesan kepada para ibu agar tidak terlalu menekan suami. Risma menilai, memaksa suami agar berbuat lebih hanya untuk menuruti urusan duniawi bukanlah cerminan ibu yang hebat.

"Ibu-ibu, masih banyak keluarga yang menderita dan kurang beruntung. Kita harus tetap melihat ke bawah dan jangan minta yang aneh-aneh. Syukuri apa yang ada," tutur Risma.

Sebaliknya, peran ibu justru bisa meringankan beban hidup para suami. Saat ini, seorang ibu dituntut untuk lebih aktif dan peduli terhadap perkembangan anak-anak. Tidak hanya anak sendiri, Risma juga meminta kepedulian ibu-ibu terhadap anak orang lain.

Menurutnya, hubungan ibu dan anak tidak bisa dipisahkan karena ibu merupakan sosok yang memiliki naluri kedekatan dengan anak-anak. Karena itu, Risma juga menyampaikan kepada ibu-ibu untuk tidak segan menegur anak-anak yang berlaku tidak benar.

"Meskipun itu bukan anaknya sampeyan jangan dibiarkan, tapi langsung ditegur. Kalau tidak berani menegur, langsung telepon 112," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sosok Ibu Adalah Wonder Woman

Perempuan wali kota pertama di Surabaya ini juga optimistis apabila Kota Pahlawan akan menjadi nyaman jika semua ibu peduli dengan anak-anaknya, termasuk anak orang lain.

"Peran ibu sangat besar untuk menyelamatkan anak-anak, sebab saya percaya salah satu fondasi dan tiang dari negara ini adalah ibu," ucap Wali Kota Risma.

Sementara itu, pedangdut Inul Daratista mengaku tidak punya pesan khusus di Hari Ibu Nasional. Ia menilai sosok ibu di Indonesia adalah wanita hebat dan luar biasa.

"Tidak ada pesan khusus, saya hanya ingin menyampaikan bahwa semua ibu di Indonesia adalah wonder woman dan benar-benar sosok wanita yang luar biasa," kata Inul.

Inul terang-terangan mengaku sangat mengidolakan sosok Risma. Selain sebagai ibu dan istri, Risma merupakan wali kota yang layak dijadikan panutan. Baginya, wali kota kelahiran Kediri itu layak menjadi wali kota seumur hidup.

"Bu Risma merupakan pemimpin yang tegas, disiplin dan layak dijadikan sebagai wali kota seumur hidup," ujar Inul sambil tersenyum.

3 dari 3 halaman

Seorang Ibu Harus Lebih Fleksibel

Artis ibu kota, Soraya Haque, yang turut hadir dalam peringatan Hari Ibu Nasional menilai sosok ibu adalah sosok yang istimewa. Ibu baginya adalah sosok yang diberi kesempatan untuk bisa mengasuh anak anaknya baik secara lahiriah maupun adopsi.

Oleh karena itu, seorang ibu yang harus terus membuka buka mata dan telinga terhadap perubahan di zaman. Itu karena zaman terus berkembang sehingga seorang ibu harus lebih fleksibel.

"Jadi untuk ibu-ibu, harus lebih fleksibel melihat perubahan agar bisa menuntun anak-anaknya menjadi generasi yang tidak lupa akan nilai nilai serta akar rumput dalam kehidupan mereka," kata Soraya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.