Sukses

Gus Ipul: Kalau Ada Cinta Tanpa Alasan, Itulah Cintamu Padaku

Liputan6.com, Surabaya - Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengisi peringatan Hari Ibu dengan menghadiri talkshow di sebuah pusat perbelanjaan. Saat itu, ia sempat membacakan puisi bagi kaum ibu yang berjudul Ibu.

Kalau ada cinta tanpa alasan

Itulah cintamu padaku

Kalau ada cinta tak berharap balasan

Itu juga cintamu padaku

Kalau ada cinta tanpa batasan

Itu pun hanya cintamu padaku

Nyawa kau pertaruhkan

Tenaga kau berikan

Harta kau korbankan

Doa kau panjatkan

Prihatin kau jalankan

Tapi setelah semua itu, apa yang kau minta dariku?

Untaian puisi itu, kata Gus Ipul, menggambarkan perjuangan ibu bagi anak-anaknya. Ia meminta semua orang untuk mengingat kembali jasa yang para ibu berikan kepada anak-anaknya.

"Kita menjadi seperti ini karena jasa ibu," ujarnya, Kamis, 21 Desember 2017.

Dalam peringatan Hari Ibu itu, Gus Ipul juga menyampaikan doa khusus bagi para ibu. "Semoga ibu kita menjadi orang yang sabar, bisa membimbing, mendampingi dan menuntun kita menjadi orang yang sukses," ucap dia.

Di sisi lain, Gus Ipul juga mengajak para ibu di Jawa Timur mengembangkan potensi diri, terutama mencoba dunia bisnis. Peluang untuk berbisnis, khususnya di industri kreatif, masih cukup luas.

"Banyak ibu-ibu yang mencoba masuk ke dunia bisnis dan mereka banyak yang berhasil. Sayang jumlahnya saat ini masih cukup kecil," tutur Gus Ipul.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu Sesama

Menurut Gus Ipul, peran para ibu saat ini terus meningkat. Tak hanya di ranah domestik sebagai ibu rumah tangga, para ibu saat ini juga ikut berperan dalam bidang ekonomi dan sosial.

"Ibu saat ini sungguh luar biasa, tak lagi jadi konco wingking tapi banyak ibu-ibu yang menjadi pengusaha yang tangguh. Sudah banyak juga perempuan yang pintar, cerdas dan aktif di berbagai bidang, termasuk sebagai penggerak masyarakat," kata Gus Ipul.

Gus Ipul mengakui masih banyak yang harus dikerjakan untuk memperkuat peran ibu melahirkan generasi yang kuat untuk masa depan. Termasuk di dalamnya mengembangkan potensi ibu menjadi wirausaha.

"Saya yakin dengan adanya kemajuan teknologi mampu menghasilkan pengusaha perempuan yang hebat ke depannya," ujar Gus Ipul.

Menjadi pengusaha, lanjutnya, tak hanya mendapat keuntungan. Lebih dari itu, di dalamnya ada hal sangat mulia yakni menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan nilai tambah.

Terkait peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), Gus Ipul mengajak semua pihak untuk memperkuat kepedualian terhadap sesama, memelihara dan menyebarkan semangat gotong royong. Semangat ini menjadi kekuatan bangsa Indonesia yang tak dimiliki bangsa lain.

Gotong royong ini, lanjutnya, azasnya adalah kekeluargaan, sedangkan ekonomi asasnya adalah koperasi dalam hal ini kerja sama. Nilai-nilai tersebut saat ini makin relevan dalam menghadapi era globalisasi.

"Siapa yang mau kerja sama, dialah yang akan jadi pemenang," ujar Gus Ipul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.