Sukses

Presiden Jokowi Sebut Hari Ibu Juga Hari Mama-Mama Papua

Presiden Jokowi memperingati Hari Ibu Nasional di Pantai Waisai Torang Cinta, Raja Ampat, Papua Barat.

Liputan6.com, Raja Ampat - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa peringatan Hari Ibu Nasional juga memperingati Hari Mama-Mama Papua.

"Karena mama-mama Papua perempuan Indonesia, karena Papua Indonesia," ucap Presiden Jokowi dalam pidato peringatan Hari Ibu Nasional yang diselenggarakan di Pantai Waisai Torang Cinta, Raja Ampat, Papua Barat, Jumat (22/12/2017), dilansir Antara.

Jokowi dalam kesempatan ini sekaligus mengucapkan selamat Hari Ibu Nasional ke-89 yang tahun 2017 mengambil tema: "Perempuan Berdaya Indonesia Jaya".

"Jadilah Ibu Bangsa Wahai Perempuan Indonesia. Selamat Hari Ibu," kata Presiden.

Jokowi mengatakan bahwa perayaan Hari Ibu di Indonesia adalah yang sangat istinewa karena perayaan penting bagi perempuan Indonesia dan bagi negara dan bangsa.

"Karena perempuan Indonesia turut bekerja dalam kemerdekaan Indonesia. Perempuan Indonesia harus semakin berdaya. Untuk itu saya menyambut baik tema Hari Ibu ini, Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

9 Perempuan Jadi Menteri

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi mengatakan pula Kabinet Kerja telah memberikan porsi besar kepada perempuan dengan menempatkan sembilan menteri wanita.

"Jadi di Kabinet Kerja, sekarang ini ada sembilan menteri perempuan dan Indonesia adalah salah satu negara di dunia dengan menteri perempuan terbanyak," ungkapnya.

Presiden juga menyebutkan keberhasilan di bidang pembangunan manusia dan budaya yang dipimpin oleh Puan Maharani, serta keberhasilan di bidang diplomasi karena menterinya perempuan Retno LP Marsudi.

"Lalu di bidang keuangan Sri Mulyani, lalu di bidang kelautan dan perikanan menterinya serem ini, yaitu Ibu Susi Pudjiastuti," kata Jokowi.

Sedangkan menteri yang berhasil menekan, mengurangi kebakaran hutan di Indonesia, Siti Nurbaya Bakar, di bidang BUMN menterinya Rini Soemarno, bidang Kesehatan juga ada ibu Nila F Moeloek, lalu di bidang sosial ada Khofifah Indar Parawansa.

"Lalu ada menteri PPPA dari Papua, yaitu Mama Yo, Prof Yohana Yembise dari Papua," katanya.

3 dari 3 halaman

Jokowi: Selamat Hari Ibu, Perempuan Berdaya Indonesia Jaya

Tanggal 22 Desember, di Indonesia memang diperingati sebagai Hari Ibu atau Mother's Day. Masyarakat juga memeriahkan peringatan Hari Ibu di jejaring sosial. Tampak pula Presiden Jokowi yang turut meramaikan momen setahun sekali itu melalui akun Twitter-nya @jokowi.

Melalui akun pribadinya, Jokowi yang tengah melaksanakan kunjungan kerjanya di Kabupaten Raja Ampat, Papua, terlihat memberi ucapan selamat Hari Ibu untuk seluruh ibu di Tanah Air.

Selain Jokowi, warganet juga membanjiri linimasa Twitter dengan berbagai cuitan ucapan dan doa yang menyentuh.

Pantauan Citizen6-Liputan6.com, dalam cuitannya, warganet menuturkan ucapan terima kasih kepada perempuan yang mereka paling sayang, karena telah membesarkan dan mendidik mereka hingga menjadi orang sukses seperti ini. (Yulia Yulee)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.