Sukses

Kasus Positif Difteri di Garut Bertambah, 5 Pasien Diisolasi

Total 17 kasus difteri terjadi di Garut yang tersebar di 14 kecamatan. Tiga di antaranya meninggal dunia.

Liputan6.com, Garut - Penyebaran wabah difteri di Kabupaten Garut, Jawa Barat, merajalela. Total lima warga Garut dinyatakan positif terjangkit penyakit yang berasal dari Corynebacterium diphtheriae tersebut.

Juru bicara RSU dr Slamet, Lingga Saputra mengatakan, berdasarkan pemeriksaan secara mikroskopis, kelima pasien yang berasal dari lima kecamatan tersebut sudah positif difteri.

Namun demikian, untuk memastikan penyakit itu, ia tetap menunggu hasil uji laboratorium di Balai BLK Bandung. "Soalnya itu (hasil laboratorium) Dinas Kesehatan yang tahu," ujarnya, Kamis, 21 Desember 2017.

Lingga mengatakan, kelima pasien difteri yang tengah mendapatkan perawatan khusus di ruang isolasi tersebut, datang dalam waktu yang berbeda sepekan terakhir.

Awalnya, pekan lalu tiga pasien terduga difteri dirawat hingga akhirnya dinyatakan positif. Mereka adalah SR (15) asal Kampung Palatar, Kecamatan Pakenjeng, Jl (18) asal Kadungora, serta CH (68) berasal dari Cimangaten Tarogong Kaler.

Sedangkan, dua pasien lain baru dirawat kemarin. Dua lainnya berasal dari Kecamatan Garut Kota dan Kecamatan Samarang. Para pasien kini diisolasi di Ruang Puspa demi mencegah agar penyakit ini tidak menularkan ke orang lain.

"Tim medis juga pakai alat pelindung diri," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pegawai RSUD Garut Divaksin Difteri

Dengan bertambahnya pasien, total kasus difteri di Garut sepanjang 2017 menjadi 17 kasus yang tersebar mulai Kecamatan Sukaresmi, Cibatu, Cihurip, Garut Kota, Bayongbong, Sukawening, Cisurupan, Pamulihan, Bungbulang, Tarogong Kaler, Samarang, Kadungora, Pakenjeng, dan Cikajang.

Dari jumlah tersebut, tiga pasien di antaranya meninggal dunia. Hingga kini, proses pemberian vaksin untuk masyarakat dari pemerintah pusat belum dilakukan. Baru petugas RSUD yang mendapatkan imunisasi difteri.

Sebanyak 1.200 orang pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Slamet, Kabupaten Garut, Jawa Barat, sebelumnya divaksin difteri untuk mengantisipasi penyebaran penyakit tersebut.

Juru bicara RSUD dr Slamet, Lingga Saputra, mengatakan pemberian vaksin itu tepat sebagai bentuk pencegahan penyakit bagi pegawai, terutama dokter dan perawat karena sering bersinggungan dengan pasien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Difteri merupakan penyakit infeksi akut yang sangat menular dan bisa mengancam nyawa jika tidak segera ditangani.

    Difteri

  • Garut adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat, Indonesia.
    Garut adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat, Indonesia.

    Garut