Sukses

Insiden Ustaz Somad, Laskar Bali Minta Maaf dan Sumpah Sakral

Liputan6.com, Denpasar Sekretaris Jenderal DPP Laskar Bali, I Ketut Ismaya, menyampaikan permohonan maaf kepada umat muslim di Indonesia atas insiden pengadangan Ustaz Abdul Somad beberapa waktu lalu di Hotel Aston, Denpasar. Ismaya mengaku organisasinya terjebak dalam situasi tersebut. Dengan kerendahan hati, Ismaya meminta dibukakan pintu maaf atas tindakannya tersebut.

Sebelum menyampaikan permohonan maaf dan kronologi peristiwa sore itu, Ismaya bersumpah melalui ritual Hindu menggunakan pejati.

"Jika saya mengatakan kebohongan dan tidak tulus, para Dewa dan Ida Sang Hyang Widhi Wasa akan menjatuhkan sanksi dan azab kepada saya dan keluarga," katanya sembari melakoni ritual sumpah menggunakan pejati di Denpasar, Selasa (12/12/2017).

‎Ismaya mengaku dalam situasi kekhilafan saat peristiwa itu terjadi. Ia terprovokasi, sehingga situasi keruh itu terjadi. Untuk itu, ia meminta maaf kepada umat muslim di seluruh Indonesia, khususnya kepada warga Riau yang tersinggung dan Ustaz Abdul Somad secara langsung.

‎"Kami meminta maaf kepada seluruh umat muslim Indonesia. Ini tulus kami sampaikan. Jika saya berpura-pura, semoga para Dewa mengazab saya," ujarnya. Ia juga meminta maaf kepada umat Hindu di Bali dan Riau atas situasi ini, sehingga timbul ketegangan yang terjadi.

"Kepada para ulama, ustaz, kiai, sesepuh, dan guru yang ada di seluruh Indonesia mohon dibukakan pintu hatinya, terimalah kami lagi, jangan caci lagi, karena ini kekhilafan. Ini pembelajaran bagi kami," ujarnya.Khusus kepada Ustaz Abdul Somad, Ismaya meminta dibukakan pintu maaf. Bahkan, ia meminta bimbingan dari ustaz lulusan‎ S1 Mesir dan S2 Maroko tersebut.

"Saya mohon kebijaksanaan Pak Ustaz. Bukakan pintu maaf bagi kami. Bimbing kami Pak Ustaz. Semoga keridhaan Allah selalu menyertai Pak Ustaz," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Ismaya membeberkan kronologi peristiwa tersebut. Ia mengaku terjebak dalam situasi tersebut. Awalnya, kata dia, pada 7 Desember sekitar pukul 19.00 Wita dia didatangi oleh sekelompok orang yang tergabung dalam Komponen Rakyat Bali (KRB).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi Insiden Ustaz Somad di Bali

Mereka menanyakan ketegasan sikap Laskar Bali terkait kedatangan Ustaz Abdul Somad ke Bali dalam rangkaian safari dakwah memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Ismaya mengaku diberikan sejumlah gambar yang berkaitan dengan aktivitas Ustaz Somad dengan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang dibubarkan pemerintah.

Mengetahui demikian, Ismaya memutuskan untuk menggelar aksi demonstrasi yang dipusatkan di Monumen Bajra Sandhi Renon, Denpasar. Pagi hari, 8 Desember 2017, Laskar Bali turun ke jalan. Mereka menolak kehadiran Ustaz Somad yang dianggapnya bertentangan dengan NKRI.

Namun, kata Ismaya, pada pukul 11.00 Wita ia dihubungi oleh perwakilan dari Polda Bali. Dalam percakapan via telepon itu disampaikan jika Ustaz Somad tak seperti dituduhkan.

"Dijelaskan kalau Pak Ustaz NKRI. Kami akhirnya membubarkan diri," ujarnya.

Pukul 14.00 Wita, Ismaya mengaku kembali dihubungi oleh perwakilan dari perwakilan beberapa ormas yang tergabung dalam KRB. Dijelaskannya jika Ustaz Abdul Somad‎ sudah berada di Hotel Aston Denpasar.

Namun, Ismaya mengatakan kepada orang yang menghubunginya jika Ustaz Somad mengakui NKRI, bukan ustaz radikal. Tak lama berselang perwakilan dari Polda Bali menghubunginya dan menanyakan apakah akan menyusul ke Hotel Aston Denpasar untuk berunjuk rasa seperti yang dilakukan KRB.

"Saya katakan tidak. Untuk apalagi saya ke sana karena Pak Ustaz itu NKRI," tuturnya.

Sore hari sekitar pukul 17.00 Wita, Ismaya kembali dihubungi oleh perwakilan dari ormas yang tergabung dalam KRB. Disampaikan jika Ustaz Somad menolak mencium bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu "Indonesia Raya". Darahnya mendidih. Ismaya berkesimpulan jika Ustaz Somad ternyata benar seperti yang diduganya, yakni anti-NKRI.

"Akhirnya saya memutuskan untuk datang ke Hotel Aston menanyakan l‎angsung kepada Pak Ustaz," jelasnya.

Ismaya akhirnya tiba di Hotel Aston Denpasar. Ia merangsek masuk ke dalam hotel dan ruang pertemuan. Kapolresta Denpasar, Dandim Badung, dan PWNU yang telah hadir menjelaskan jika Ustaz Abdul Somad tak seperti dituduhkan.

"Saya akhirnya meminta maaf sama Pak Ustaz Abdul Somad. Saya berpelukan dengan Beliau. Saya jamin selama ceramah di Bali tidak akan ada yang mencolek Beliau. Kalau ada yang berani, saya yang paling depan membela," tegas dia.

Pada kesempatan itu, Ismaya juga mengklarifikasi jika ia sama sekali tak membawa senjata. Yang dibawanya adalah tongkat komando miliknya. Bahkan, Ismaya meminta rekan media untuk membuka tongkat tersebut.

"Isinya hanya isim. Nanti saya dibilang musyrik, nih," ucapnya berkelakar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.