Trik Jitu Dedi Mulyadi Atasi Pilkades yang Memanas

Oleh Abramena pada 11 Des 2017, 10:42 WIB
Dedi Mulyadi

Liputan6.com, Purwakarta - Panasnya aroma kompetisi politik tingkat bawah pemilihan kepala desa di Purwakarta tampaknya akan segera berakhir. Itu setelah kepala desa terpilih diminta oleh Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, untuk sowan ke calon kades yang tidak terpilih. Langkah tersebut dilakukan dalam rangka merajut kembali soliditas para tokoh masyarakat di pedesaan.

Permintaan sowan itu ditegaskan oleh Dedi Mulyadi dalam acara Pelantikan Kepala Desa terpilih dalam Pilkades serentak 2017 di Purwakarta. Pelantikan ini dilaksanakan di Bale Maya Datar Purwakarta, Kamis, 7 Desember 2017.

"Sebelum memulai tugas sebagai kepala desa, sowanlah kepada calon yang kalah. Kondusivitas harus terus dijaga. Persaudaraan harus terus direkatkan. Juga tidak boleh ada konflik," ucap Dedi dalam sambutannya.

Janji kampanye kepala desa yang disampaikan kepada masyarakat juga menjadi sorotan Bupati Purwakarta dua periode tersebut. Ia mengingatkan agar kepala desa menunaikan janji kampanye yang sudah dibuat. Kata dia, janji tersebut merupakan kontrak kepala desa dengan masyarakat selama mereka menjabat.

"Inventarisasi satu persatu masalah yang ada di desa sekaligus buat solusinya. Cari solusi masalah air bersih. Selesaikan persoalan rumah masyarakat miskin. Selesaikan masalah prioritas pembangun. Jalankan visi dan misi Anda yang kemarin secara lantang Anda sampaikan kepada masyarakat," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

1 of 2

Tujuh Kades dari Lima Kecamatan

Dedi Mulyadi
Dedi melantik kepala desa terpilih. Foto: (Abramena/Liputan6.com)

Siang tadi di Purwakarta telah dilangsungkan pemilihan kepala desa di tujuh desa yang tersebar di lima kecamatan, yaitu di Desa Cianting, Kecamatan Sukatani, dimenangkan oleh Engkos Koswara dengan raihan suara 2.421. Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur, dimenangkan oleh Muhammad Muhyi dengan raihan suara 1.656. Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, dimenangkan oleh Kusnandar dengan raihan 1.200 suara.

Sementara itu, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, dimenangkan oleh Kosasih dengan perolehan suara 964. Desa Liunggunung, Kecamatan Plered, dimenangkan oleh H Abas dengan raihan suara 2.250. Desa Linggarsari, Kecamatan Plered, dimenangkan oleh H Usep S dengan raihan 1.357 suara. Terakhir, Desa Sukajadi, Kecamatan Pondok Salam, dimenangkan oleh Edeng Suhandi dengan raihan 740 suara.

Kepala Desa Mekargalih, Muhammad Muhyi, mengatakan pihaknya siap menjalankan amanat Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi. Visi dan misi yang dia sampaikan selama masa kampanye, secara bertahap dilaksanakan per triwulan.

"Amanat dari Pak Bupati kita laksanakan bersama masyarakat. Karena, saya di Mekargalih, selama ini mengutamakan partisipasi warga. Bahkan, sejak sebelum jadi kepala desa," kata kades terpilih yang berhasil mengalahkan petahana tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓