Sukses

Maju Pilkada Bangkalan, Baleho Politikus Senayan Banyak Dirusak

Baleho politikus Farid Alfauzi yang akan maju Pilkada Bangkalan, Madura, diubah posisinya. Awalnya menghadap jalan, diubah menghadap sawah.

Liputan6.com, Bangkalan - Ratusan baleho, spanduk, dan banner milik Farid Alfauzi dirusak orang tak dikenal. Farid adalah politikus Senayan, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI dari Partai Hanura, kini mencalonkan diri sebagai bakal calon bupati di Pilkada Bangkalan, Jawa Timur, 2018.

Bentuk perusakan macam-macam. Paling banyak dirobek, diturunkan, dan dibuang. Ada juga yang posisi baleho diubah, dari semula menghadap jalan raya, diputar menghadap sawah.

Lewat tim pencalonannya, Farid Alfauzi mengecam dan menyebut perusakan sebagai perbuatan primitif.

"Perusakan membuktikan masih ada orang yang merasa kebal hukum di Bangkalan," kata Ketua Kadin Bangkalan, Saleh Farhat, Juru Bicara tim pencalonan Farid Alfauzi, Jumat (8/12/2017).

Saleh menjelaskan, perusakan terjadi masif di 18 kecamatan di Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Mulai dari Kecamatan Blega, Galis, Tanah Merah, Burneh, Kamal, Arosbaya, Klampis, Sepuluh hingga Tanjung Bumi.

Dia memperkirakan dari 1.000 lebih baleho, spanduk, banner hingga poster yang dipasang ke pelosok kampung, 60 persennya telah rusak.

Meski begitu, Saleh Farhat menilai belum perlu melaporkan perusakan baleho, spanduk, dan banner milik politikus yang bakal maju Pilkada Bangkalan tersebut ke polisi agar diusut.

"Saya yakin polisi akan bertindak sendiri karena perusakan semacam itu ancaman bagi kedamaian jelang Pilkada Bangkalan," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendukung Diimbau Tak Membalas

Soal pelaku, Saleh tidak mau menduga-menduga. Ia hanya minta pendukung dan simpatisan Farid tidak membalas.

Saleh yakin masyarakat Bangkalan pada umumnya sudah mengerti siapa pelaku, bahkan masyarakat sudah muak pada pihak yang punya kebiasaan berbuat premanisme.

Apalagi, dari sekian banyak baleho para kandidat, hanya milik Farid Alfauzi yang dirusak.

"Merusak baleho orang lain tindakan primitif dan teror bagi demokrasi," kata dia.

Di Pilkada Bangkalan, Farid Alfauzi dikabarkan bakal diusung koalisi Partai Hanura, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN). Dia akan dipasangkan dengan Kepala BPBD Jatim, Sudarmawan.

Sudarmawan kabarnya bakal diusung Demokrat karena dia termasuk orang dekat Gubernur Jatim dan Ketua DPD Demokrat Jatim, Soekarwo.

Selain Sudarmawan, Farid Alfauzi juga dikabarkan intens berkomunikasi dengan Ketua GP Ansor Bangkalan, Hasani Zubair.

Namun hingga kini, dari tiga partai yang disebut mendukung Farid belum satu pun memberikan rekomendasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.