Sukses

Adik Zumi Zola Mendadak Mundur dari Ketua PAN

Adik Zumi Zola sebelumnya digadang-gadang bakal maju sebagai salah satu kandidat kuat calon Wali Kota Jambi pada Pilkada 2018 nanti

Liputan6.com, Jambi - Hanya beberapa bulan masuk dunia politik dan langsung ditunjuk sebagai Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Jambi, Zumi Laza yang tak lain adalah adik kandung Zumi Zola tiba-tiba menyatakan mundur dari partai berlambang matahari terbit itu.

Padahal, nama Zumi Laza digadang-gadang masuk dalam bursa calon Wali Kota Jambi dari PAN. Kepastian mundurnya Zumi Laza dibenarkan sang kakak, Zumi Zola. Mantan artis yang kini menjabat Gubernur sekaligus Ketua DPW PAN Provinsi Jambi ini menyatakan, mundurnya Zumi Laza tidak akan mengganggu kesiapan DPD PAN Kota Jambi menghadapi ajang pemilihan wali kota (Pilwako) Jambi.

Menurut Zola, surat pengunduran diri sang adik bahkan sudah diajukan sejak awal November 2017 lalu. Namun baru tercium media akhir-akhir ini.

"Betul beliau (Zumi Laza) mundur, tidak ada masalah dan sudah dipertimbangkan bersama," ucap Zola, Sabtu, 2 Desember 2017.

Sementara itu, Sekretaris DPD PAN Kota Jambi, Widodo menyebut posisi Zumi Laza sebagai ketua akan digantikan oleh H. Rusli Kamal Siregar sebagai pelaksana tugas (Plt). Rusli Kamal Siregar bukanlah orang baru di tubuh PAN Jambi. Ia adalah fungsionaris PAN Provinsi Jambi.

Widodo juga mengatakan, alasan mundurnya Zumi Laza karena ingin fokus mengurus usahanya di Jakarta. Selain itu, ada rencana Zumi Laza ingin melanjutkan studi S2-nya di Kanada.

"Jadi itu, dan semua sudah kita koordinasikan. Sehingga tidak akan mengganggu persiapan menjelang Pilwako," ucap Widodo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

18 Bulan Menjabat

Pengunduran diri Zumi Laza itu mengakhiri masa 18 bulan dirinya sebagai Ketua DPD PAN Kota Jambi.

Meski masih muda, nama Zumi Laza sudah disejajarkan dengan sejumlah tokoh politik Kota Jambi yang juga digadang-gadang maju di Pilwako Jambi. Di antaranya adalah Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, tokoh PDIP sekaligus Wakil Wali Kota Jambi Abdullah Sani, dr Maulana, hingga Ketua DPRD Kota Jambi, Nasir.

Menjadikan adik Zumi Zola sebagai calon Wali Kota Jambi bukan tidak disengaja. Jalan politik bagi putra keempat mantan Gubernur Jambi, Zulkifli Nurdin ini mulai dibuka pada Sabtu, 2 April 2016. Saat itu, Zumi Laza secara aklamasi terpilih sebagai Ketua DPD PAN Kota Jambi.

Jadilah pasangan adik kakak sebagai pasangan ketua partai berlambang matahari biru itu. Bila Zumi Laza terpilih sebagai Ketua DPD PAN Kota Jambi, sang kakak, Zumi Zola sudah cukup lama duduk sebagai Ketua DPW PAN Provinsi Jambi. Sejumlah tokoh PAN Jambi amat yakin jika Zumi Laza bisa terpilih sebagai Wali Kota Jambi.

"Sejarah Partai Amanat Nasional bekerja untuk rakyat. Pertama sudah dilakukan di Provinsi Jambi oleh saudara Zulkifli Nurdin, sekarang Zumi Zola, dan untuk kepemimpinan kota (Jambi), insyaallah Zumi Laza siap maju di tahun 2018," ujar pembina wilayah DPW PAN Provinsi Jambi, Mahili usai pelantikan pengurus DPD PAN Kota Jambi, Sabtu, 2 April 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini