Sukses

Jalur KA di Porong Terendam Banjir, Cek Perubahan Rute Perjalanan

Banjir yang merendam jalur kereta api di Porong mencapai 1 meter.

Liputan6.com, Sidoarjo - Intensitas hujan masih tinggi di daerah Sidoarjo, Jawa Timur, dan sekitarnya, bahkan hingga saat ini, menyebabkan petak jalan kereta api Tanggulangin-Porong masih terendam banjir.

Banjir yang terjadi di lokasi tersebut merupakan imbas luapan air Sungai Ketapang yang meluber hingga menutupi sebagian jalan raya dan rel kereta api. Hal itu menyebabkan kereta api tidak bisa melewati jalur tersebut.

Pantauan hingga pagi tadi pukul 06.00 WIB, ketinggian air mencapai 102 sentimeter di atas kop rel.

"Sejak Minggu, kami menyiagakan personel di lokasi banjir untuk terus memantau ketinggian air dan melakukan berbagai upaya menormalisasi jalur KA," tutur Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) VIII Surabaya, Gatut Sutiyatmoko, Rabu (29/11/2017).

Dia menuturkan, Direktur Utama PT KAI memantau langsung kondisi jalur di lokasi dan menggelar rapat koordinasi untuk mencari solusi penanganan banjir dan normalisasi jalur KA, Selasa, 28 November 2017.

"Rapat koordinasi ini diikuti oleh Jajaran Direksi PT KAI, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Timur, Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, Perwakilan PPLS, Perwakilan Polres Tanggulangin, dan Satlantas Polres Pasuruan," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perubahan Perjalanan Kereta Api Akibat Banjir

Selanjutnya, PT KAI melakukan perubahan pola operasi dan pelayanan perjalanan kereta api untuk Rabu (29/11/2017) sebagai berikut:

- KA 144 Jayabaya berjalan dengan rute Pasarsenen – Wonokromo – Kertosono – Malang (Untuk penumpang dari Sidoarjo, Bangil, Lawang dikembalikan bea 50 persen).

- KA 143 Jayabaya berjalan dengan rute Malang – Blitar – Kertosono – Surabaya Gubeng – Pasarsenen (Penumpang dari Lawang, Bangil, Sidoarjo dikembalikan bea 100 persen).

- KA 112 Mutiara Selatan berjalan dengan rute Bandung – Kertosono – Surabaya Gubeng (Penumpang tujuan Malang turun di Kertosono kemudian ikut KA 92 Malabar dan penumpang dari Wonokromo, Sidoarjo, Bangil, Lawang dikembalikan bea 50 persen di Surabaya Gubeng).

- KA 111 Mutiara Selatan berjalan dengan rute Surabaya Gubeng – Kertosono – Bandung (Penumpang dari Malang diikutkan KA 91 Malabar).

- KA 44 Bima berjalan dengan rute Gambir – Kertosono – Surabaya Gubeng (Penumpang tujuan Malang turun di Kertosono kemudian ikut KA 42 Gajayana).

- KA 43 Bima berjalan dengan rute Surabaya Gubeng- Kertosono – Gambir (Penumpang dari Malang diikutkan KA Gajayana).

- KA 101 Ranggajati berjalan dengan rute Jember – Bangil – Malang – Kertosono – Cirebon (Penumpang tujuan Sidoarjo, Wonokromo, Surabaya Gubeng overstapen menngunakan bus dari Bangil ke Surabaya Gubeng dan penumpang dari Surabaya Gubeng, Wonokromo, Mojokerto dialihkan ke KA 173 Gaya Baru Malam Selatan).

- KA 102 Ranggajati berjalan dengan rute Cirebon – Kertosono – Blitar – Malang – Bangil – Jember (Penumpang tujuan Jombang sampai dengan Surabaya Gubeng turun di Kertosono kemudian ikut KLB khusus).

- KA 194 Sri Tanjung berjalan dengan rute Lempuyangan – Kertosono – Blitar – Malang – Bangil – Banyuwangi (Penumpang tujuan Jombang sampai dengan Surabaya Gubeng turun di Kertosono kemudian ikut KLB khusus).

- KA 193 Sri Tanjung berjalan dengan rute Banyuwangi – Bangil – Malang – Blitar – Kertosono – Lempuyangan (Penumpang tujuan Sidoarjo, Wonokromo, Surabaya Gubeng overstapen menggunakan bus dari Bangil ke Surabaya Gubeng dan penumpang dari Surabaya Gubeng, Wonokromo, Mojokerto dialihkan ke KA 173 Gaya Baru Malam Selatan).

- KA 188 Logawa berjalan dengan rute Purwokerto – Kertosono – Blitar – Malang – Bangil – Jember (Penumpang tujuan Jombang sampai dengan Surabaya Gubeng turun di Kertosono kemudian ikut KLB khusus).

- KA 187 Logawa berjalan dengan rute Jember – Bangil – Malang – Kertosono – Purwokerto (Penumpang tujuan Sidoarjo, Wonokromo, Surabaya Gubeng overstapen menggunakan bus dari Bangil ke Surabaya Gubeng dan penumpang dari Surabaya Gubeng, Wonokromo, Mojokerto sebagian dialihkan ke KA 173 Gaya Baru Malam Selatan dan rangkaian KLB).

- KA 88 / 90 Mutiara Timur berjalan dengan rute Banyuwangi – Bangil (Penumpang tujuan Surabaya Gubeng overstapen menggunakan bus ke Surabaya Gubeng).

- KA 87 / 89 Mutiara Timur berjalan dengan rute Bangil – Banyuwangi (Penumpang dari Surabaya Gubeng overstapen menggunakan bus ke Bangil).

- KA 214 Probowangi berjalan dengan rute Banyuwangi – Bangil (Penumpang tujuan Sidoarjo, Wonokromo, Surabaya Gubeng overstapen menggunakan bus di Bangil).

- KA 213 Probowangi berjalan dengan rute Bangil – Banyuwangi (Penumpang dari Surabaya Gubeng, Wonokromo, Sidoarjo overstapen menggunakan bus ke Bangil).

- KLB khusus relasi Kertosono – Surabaya Gubeng rangkaian 8K3 pengalihan penumpang KA Ranggajati, Sri Tanjung, dan Logawa untuk tujuan Jombang sampai dengan Surabaya Gubeng naik di Kertosono.

- Rangkaian KLB 4K1-2K3(80)-1K3(64)-2K3(106) = 636 seat disiapkan untuk penumpang KA 193 Sri Tanjung dan KA 187 Ranggajati dari Surabaya Gubeng.

"Pengaturan pola operasi layanan KA tersebut dapat berubah sesuai kondisi di lapangan. Info lebih lanjut akan kami disampaikan sesuai perkembangan situasi," Gatut menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.