Sukses

3 Petani Berdiri Gemetar di Pematang Sawah, Apa yang Terjadi?

Saat musim hujan, warga hendaknya lebih mewaspadai jaringan kabel listrik yang ada di sekitar. Tiga petani kesetrum saat berada di sawah.

Liputan6.com, Sukabumi - Waspada musim hujan tidak hanya banjir, tapi juga aliran kabel listrik di sekitar kita. Hendaknya warga lebih waspada, tiga orang petani di Kampung Selagombong, Desa Sukadamai, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat kesetrum di pematang sawah, Minggu (26/11/2017). Satu orang meninggal dunia dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Korban meninggal dunia diketahui bernama Ibah (40), seorang pria warga kampung sekitar. Ia tersengat listrik saat hendak menyelamatkan dua korban lain yakni sang ayah Pahrudin (64) dan pamannya Dadeng (42).

"Saat itu kondisinya hujan, saya mau minggir ke pematang sawah. Malah ada kabel penyangga di tiang listrik yang nyangkut ke badan. Saya langsung kesetrum," ujar Dadeng, salah seorang korban selamat ditemui di rumah duka keponakannya.

Saat kesetrum, Dadeng mengaku kondisinya setengah sadar. Tanpa bisa berbuat banyak, ia hanya melihat Ibah dan Pahrudin berupaya menolongnya.

"Tapi malah ikut kesetrum," tutur Dadeng.

Dadeng mengaku tidak mengetahui adanya aliran setrum pada kabel penyangga tiang listrik di pematang sawah. Apalagi, kabel penyangga sudah terlihat sejak lama, dan tidak pernah ada kejadian orang kesetrum sebelumnya.

Seorang saksi mata, Sapudin Cahyadi (35) melihat ketiga korban kesetrum dalam kondisi berdiri. Ia bergegas menghampiri para korban dengan membawa sebilah bambu.

"Saya pukul kabelnya pakai bambu, mereka langsung jatuh ke sawah," tutur Cahyadi.

Cahyadi dan warga lainnya berupaya menyelamatkan para korban. Nahas bagi Ibah, ia meninggal dunia dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Saksikan video pilihan berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PLN Periksa Jaringan Kabel

Kepala Humas PLN Area Pelayanan Jaringan (APJ) Sukabumi, Wiwin Darwati mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti insiden menimpa tiga petani itu. Diduga kesetrum listrik dari kabel dekat tiang listrik di Kecamatan Cicantayan. Sejumlah petugas sudah ditugaskan memeriksa jaringan kabel sekitar lokasi kejadian.

"Masih kami tindak lanjuti," ujar Wiwin dikonfirmasi Liputan6.com melalui sambungan telepon, Senin (27/11/2017).

Wiwin belum bisa memastikan, apakah ketiga korban tersengat aliran listrik jaringan PLN atau bukan. Ia menunggu hasil pemeriksaan tim di lapangan.

"Kami belum bisa pastikan apa dari kabel PLN atau bukan," kata Wiwin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.