Sukses

Warga Suku Anak Dalam Jadi Tumbal Aksi Pencurian Sawit

Seorang warga Suku Anak Dalam Jambi tumbang usai ditembak kawanan pencuri buah sawit di bagian kaki

Liputan6.com, Jambi - Nasib nahas dialami Majid (50), seorang warga Suku Anak Dalam (SAD) di Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi. Ia menderita luka tembak di bagian betis saat aksi pencurian buah sawit milik salah satu perusahaan perkebunan sawit di Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun.

Dari informasi, peristiwa pencurian berujung penembakan itu terjadi pada Selasa siang, 14 November 2017 sekitar pukul 14.00 WIB. Saat itu, Majid yang sehari-hari bekerja sebagai petugas sekuriti di perusahaan perkebunan itu tengah berpatroli bersama satu orang rekannya.

Saat bersamaan, ia melihat ada sekawanan orang tak dikenal tengah mengambil buah sawit menggunakan mobil. Melihat ada sekuriti, para pelaku yang diduga berjumlah tiga orang langsung kabur sembari menembak Majid menggunakan senjata api rakitan. Oleh warga setempat senjata api rakitan itu biasa disebut kecepek.

Pelaku kabur dan meninggalkan mobil jenis Suzuki Carry yang digunakan untuk mencuri buah sawit. Usai menolong Majid, peristiwa itu langsung dilaporkan oleh sekuriti lainnya kepada polisi di Polsek Air Hitam.

Menerima laporan itu, jajaran Polres Sarolangun langsung membentuk tim khusus untuk mengejar para pelaku. Kapolres Sarolangun, AKBP Dadan Wira Laksana melalui Kasat Reskrim AKP George A Pakke mengatakan, lokasi kejadian berada di Divisi 1 Blok 5/6 perkebunan sawit milik PT PKM SMKE (eks PT JAW) di Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun.

"Sebuah mobil jenis Carry berisi 300 kilogram buah sawit disita untuk barang bukti," ujar George di Sarolangun, Selasa, 21 November 2017.

 Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga Pencuri Sawit

Beberapa hari setelah kejadian, tepatnya pada Minggu siang, 19 November 2017 dua orang terduga pelaku ditangkap polisi yakni FE alias NA (25) dan AS (17). Keduanya ditangkap di Desa Selango, Kecamatan Pamenang Selatan, Kabupaten Merangin.

"Ada tiga pelaku lainnya masih dalam pengejaran," ucap George.

Kedua pelaku dan barang bukti kini ditahan di Mapolres Sarolangun. Atas aksi pencurian dan kekerasan itu, para pelaku bakal dijerat Pasal 365 dengan ancaman 15 tahun penjara.

Kabupaten Sarolangun dikenal menjadi salah satu daerah yang banyak didiami warga Suku Anak Dalam dan Orang Rimba. Sebagian warga Suku Anak Dalam sudah banyak yang membaur dengan warga pada umumnya.

Selain berladang atau bertani, beberapa warga Suku Anak Dalam ada yang bekerja sebagai tenaga pengamanan atau sekuriti di beberapa perusahaan perkebunan sawit yang memang banyak berdiri di Kabupaten Sarolangun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.