Sukses

Korban Sandera dari Banti Segera Dievakuasi, Posko Malah Terkunci

Pihak TNI dan polisi mengkritik sikap para pejabat di Mimika yang terkesan kurang peduli pada kondisi korban sandera kelompok bersenjata.

Liputan6.com, Timika - Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit menyatakan kekecewaannya lantaran Pemkab Mimika kurang siap untuk mengurus ratusan pengungsi asal Kampung Banti, Distrik Tembagapura, yang rencananya akan dievakuasi ke Timika, Senin (20/11/2017) siang.

Saat meninjau posko pengungsi di Gedung Eme Neme Yauware, Pangdam Cenderawasih yang didampingi Kapolda Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar menegaskan Pemkab dan DPRD Mimika kurang berperan selama proses evakuasi ratusan warga yang terisolasi di Banti Kimbeli, Tembagapura.

"Yang kami urus ini adalah bapak-bapak punya masyarakat. Jangan semuanya diserahkan kepada TNI dan Polri, lalu mana peran Pemda? Selama tiga minggu masalah ini, tidak ada Bupati dan Ketua DPRD Mimika yang datang ke Tembagapura," kata Pangdam kepada sejumlah pejabat Pemkab Mimika, dilansir Antara.

Saat rombongan Pangdam dan Kapolda tiba di halaman Gedung Eme Neme Yauware yang menjadi posko pengungsi Tembagapura, belum satu pun pejabat Pemkab Mimika hadir di lokasi itu.

Pintu Gedung Eme Neme Yauware masih terkunci rapat. Sementara di halaman gedung tersebut, hanya terdapat beberapa tenda bantuan Kementerian Sosial, tanpa dilengkapi dengan tempat tidur dan fasilitas penunjang lainnya.

Setelah beberapa saat rombongan Pangdam dan Kapolda Papua berada di halaman Gedung Eme Neme Yauware, barulah satu per satu pejabat Pemkab Mimika hadir di lokasi itu.

"Sudah dengar akan ada masyarakat yang akan diturunkan dari Tembagapura dan kami sudah menginformasikan hal itu, tapi kesiapannya tidak maksimal. Itu yang saya sesalkan. Saya datang ke sini (Posko pengungsian di Gedung Eme Neme Yauware), loh tidak ada apa-apa yang dilakukan," ujar Pangdam.

Jenderal bintang dua itu menegaskan menjadi tugas dan tanggung jawab Pemkab Mimika untuk mengurus pengungsi korban sandera kelompok bersenjata. Utamanya memprioritaskan pengadaan air bersih, MCK, bahan makanan, dan pelayanan kesehatan.

"Saya minta Pemda Mimika memanusiakan masyarakatnya. Jangan seolah-olah semuanya diserahkan penuh kepada TNI dan Polri. Kalau ada gangguan keamanan dan ketertiban, kami yang masuk. Tapi untuk urusan lainnya yaitu masalah penghidupan masyarakat, itu peran Pemda," ujar Pangdam.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Persiapan

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar meminta Pemkab Mimika lebih aktif berperan dalam mengurus warga pengungsi dari Banti.

"Kami datang untuk mendorong kesiapan pemda. Makanya kami datang mengecek langsung kesiapan mereka sudah sejauh mana. Ternyata saat kami datang pintu masih ditutup. Belum ada tanda-tanda persiapan sama sekali," ucap Kapolda.

Kapolda menganjurkan agar di Gedung Eme Neme Yauware yang menjadi Posko pengungsi Tembagapura itu disediakan fasilitas yang memadai agar warga bisa beristirahat dengan tenang dan nyaman seperti tempat tidur, air bersih, MCK, dan lainnya.

Boy juga menganjurkan Bupati dan Ketua DPRD Mimika agar segera bertolak menuju Banti dan Kimbeli di Distrik Tembagapura untuk melihat langsung kondisi warga yang selama lebih dari tiga pekan terisolasi akibat adanya Kelompok Kriminal Bersenjata/KKB di wilayah itu.

"Kami menyarankan agar Ketua DPRD dan pejabat Pemda Mimika segera ke sana melihat langsung kondisi riil masyarakat dan mempersiapkan sarana emergency yang diperlukan untuk mendukung agar masyarakat kembali survive," kata Kapolda Papua.

Sebanyak lebih dari 500 warga asli Papua yang bermukim di Kampung Banti, Distrik Tembagapura, meminta dievakuasi ke Timika untuk mendapatkan layanan kesehatan, pendidikan bagi anak-anak mereka dan juga bahan makanan.

Rencananya, seratusan pengungsi asal Kampung Banti itu akan diberangkatkan dari Tembagapura menuju Timika pada Senin petang menggunakan 12 bus karyawan PT Freeport Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.