Sukses

4 Parpol di Kota Yogyakarta Kekurangan Anggota, Mau Daftar?

Mereka yang diminta menambah anggota dari 18 November hingga 1 Desember mendatang.

Yogyakarta - Empat partai politik (parpol) di Kota Yogyakarta, belum memenuhi syarat ketentuan jumlah minimal keanggotaan, dalam proses verifikasi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Keempatnya adalah Partai Berkarya, Partai Demokrat, Partai Hanura, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Kekurangan jumlahnya saja yang perlu dilakukan perbaikan. Kurangnya (keanggotaan) tidak terlalu banyak, hanya puluhan," kata Ketua KPU Kota Yogyakarta, Wawan Budianto, Kamis, 16 November 2017.

Adapun verifikasi yang dilakukan KPU Kota Yogyakarta mencakup 13 parpol. Batas minimum untuk keanggotaan di Kota Yogyakarta sebanyak 410 orang. Mereka yang diminta melakukan perbaikan diberi waktu dari 18 November hingga 1 Desember mendatang.

"Kami beri waktu selama 14 hari. Nantinya disertai dengan fotokopi KTP untuk pencocokan daftar nama," ujarnya.

Selain kelengkapan keanggotaan, beberapa parpol juga diminta memperbaiki berkas scan yang kurang jelas. "Kalau kami, sudah mencukupi syarat minimum keanggotaan. Hanya scan berkas saja ada sedikit kurang jelas," ucap Sekretaris DPC Partai Hanura Kota Yogyakarta, Ahmad Mustaqim.

Verifikasi faktual dilakukan serentak oleh KPU Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dalam klarifikasi daftar keanggotaan, juga dibantu oleh tiga orang anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) sebanyak tiga orang di tiap kabupaten dan kota.

"Dalam pengawasannya, kami mengikuti kerja tim dari KPU," terang Komisioner Divisi Penindakan Pelanggaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY, Sri Rahayu Werdaningsih.

KPU DIY juga telah melakukan proses pencocokan dan penelitian. Sebelumnya diketahui, dari 14 parpol di tingkat ini ada beberapa yang data keanggotaannya ganda.

Baca berita menarik dari JawaPos.com lainnya di sini

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.