Sukses

Kereta Uap Kuno dari TMII Dibiarkan Terpanggang Matahari di Solo

Sedianya kereta uap kuno dari TMII yang pernah menarik gerbong yang dinaiki Presiden Sukarno itu akan dijalankan akhir tahun ini.

Liputan6.com, Solo - Sudah satu tahun kereta uap kuno dari TMII didatangkan ke Solo. Namun hingga saat ini, kereta uap itu belum juga dijalankan. PT KAI Daops VI Yogyakarta beralasan kereta uap itu masih dalam tahap perbaikan.

Loko yang didatangkan dari TMII itu tiba di Kota Solo pada 17 November 2016. Loko diangkat dalam waktu lima hari. Proses pengangkutan memang cukup lama mengingat kondisi Loko yang sudah tua.

Kereta uap ini sudah berusia 70 tahun. Lok dibeli oleh pemerintah RI pada 1950 dan dioperasikan dua tahun kemudian.

Lokomotif itu termasuk benda bersejarah. Pasalnya, kereta uap tersebut pernah menarik gerbong kereta yang ditumpangi Presiden dan Wakil Presiden RI pertama.

Setahun berselang, lokomotif kereta uap itu ternyata mangkrak. Loko terlihat diparkir di salah satu jalur rel perlintasan di Stasiun Purwosari, Solo. Loko ini sedianya bakal mendampingi kereta uap Jaladara.

Lokomotif kereta uap itu dibiarkan terbuka, tanpa dipayungi atap maupun terpal. Alhasil, rangka besi loko itu kehujanan ataupun terkena sengatan sinar matahari. Padahal, terpaan air hujan maupun sengatan matahari itu bakal membuat rangka besi loko cepat rusak.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjelasan KAI

Wakil Kepala PT KAI Daops VI Yogyakarta, Ida Hidayati mengatakan PT KAI sudah mulai memperbaiki lokomotif. Proses perbaikan itu dilakukan secara bertahap.

"Teman-teman sudah melakukan assesment (penilaian). Artinya ini masih on process. Ini kan lokonya termasuk heritage. Perbaikan itu kan ada tahapnya, di-assessment dulu kemudian turun RAB-nya," kata dia di Solo, Rabu, 15 November 2017.

Mengingat loko ini termasuk benda bersejarah, proses perbaikan harus memperhatikan juga suku cadangnya. "Ketersediaan suku cadangnya mestinya ada," kata dia.

Ia mengatakan target pengoperasionalan pada akhir 2017. Namun hingga saat ini, belum ada tanda-tanda jika loko itu bakal dijalankankan.

"Saya nggak tahu kapan kereta ini bisa dijalankan. Karena targetnya memang akhir tahun 2017. Teman-teman sampai saat ini masih melakukan assessment," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.