Kuliner Pagi, Lezatnya Pisang Goroho Dipadu Ikan Kerapu Santan

Oleh Aldiansyah Mochammad Fachrurrozy pada 10 Nov 2017, 06:00 WIB
Ikan

Liputan6.com, Jakarta Bagi  pencinta kuliner, perlu mencoba ikan santan pisang goroho  yang hanya terdapat di propinsi Gorontalo. Dari namanya, kuliner ini memang terdiri dari dua bahan utama yaitu ikan dan jenis pisang goroho yang banyak tumbuh di wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo.

"Ide awalnya karena ingin mempopulerkan gemar makan ikan, lalu saya lihat pisang goroho juga begitu diminati, akhirnya saya coba kreasikan keduanya jadi menu andalan tempat ini," ungkap Narti Buo (26), Pemilik Rumah Makan Titi yang pertama kali menciptakan menu.

Untuk memasaknya, ikan kerapu yang telah digoreng disajikan dengan pisang santan goroho yang telah dipotong memajang. Setelah itu, tumisan aneka rempah rempah dicampurkan dengan santan cair. Setelah mengental, santan ini selanjutnya disiramkan ke atas ikan dan pisang santan goroho.  

Sepuluh menit memasak, akhirnya ikan santan goroho siap untuk disajikan. Di atas sebuah piring berukuran sedang, tersaji ikan santan pisang goroho.

Aroma dari bumbu santan cukup mengugah selera. Ditambah lagi potongan daun kemangi yang kuat rasa. Dari segi tekstur pisang goroho cukup lembut seperti kentang goreng. Sedapnya Berpadu sempurna dengan ikan kerapu.  

"Pisang bisa menurunkan kadar gula dalam tubuh, ikannya juga banyak mengandung omega 3 jadi makanan ini cukup sehat di konsumsi," ujar Narti.

Menurutnya, mayoritas para konsumen yang datang, menjadikan ikan santan pisang goroho sebagai menu utama. Bahkan setiap dua kali sehari, dia bisa menghabiskan 20 kilogram ikan dan beberapa tandan pisang goroho. Untuk harga, biasanya dijual dari  50 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah perporsinya, tergantung besarnya ikan.

"Pisangnya tidak bisa diganti, karena memang jenis pisang goroho memiliki rasa yang lebih gurih jika dibandingkan dengan pisang lain," ujar lulusan Sarjana Sosiologi 2013 ini.

Kreasi ikan santan pisang goroho pada bulan Agustus 2017 lalu mengantarkan Narti ke istana negara dan bertemu Presiden Jokowi pada perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Saat itu, dia menjadi perwakilan Gorontalo dan meraih juara 3 lomba masak Ikan Nusantara yang digelar oleh oleh istana kepresidenan berkat kreasi menunya.

"Pak Presiden makannya bahkan nambah hingga dua kali dan saya sempat kehabisan pisang goroho, untungnya dibawa istri Pak Bupati Kabupaten Gorontalo pas datang ke Jakarta," kenang Narti.

Kuliner ini bahkan sempat disajikan ke beberapa tamu undangan negara dan mendapat respons positif. Sejak saat itu, ikan santan pisang goroho kreasinya semakin dikenal dan populer di kalangan para pencinta kuliner di daerah tersebut.

Saksikan video pilihan berikut ini: