Sukses

Kronologi Relawan Jokowi Lahirkan Bayi Jelang Nikahan Kahiyang

Relawan Jokowi itu bakal menamai bayi lelakinya dengan nama Jokowi karena lahir jelang pernikahan Kahiyang Ayu.

Liputan6.com, Boyolali - Seorang ibu relawan dari Komite Rakyat Nasional Kota Bogor, melahirkan bayi laki-laki di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, tempat ribuan relawan pendukung Jokowi berkumpul, menjelang pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution.

Asrama haji itu berjarak sekitar 5,4 kilometer dari Graha Saba Buana tempat berlangsungnya pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution.

"Ibu Runia, anggota relawan dari Kornas Bogor melahirkan bayi laki-laki pada Selasa (7/11/2017) malam sekitar pukul 23.45 WIB di ruangan Asrama Haji Donohudan lantai E6," kata Ketua Kornas Lampung Novel Sanggem mengabarkan dari Asrama Haji Donohudan, Rabu (8/11/2017), dilansir Antara.

Relawan Jokowi dari Provinsi Lampung itu mengungkapkan sebelum melahirkan, Runia (33) sempat meminta tolong kepada relawan lainnya yang kemudian membantu melahirkan bayinya.

"Karena belum ada tim medis yang datang, Ibu Runia dibantu oleh relawan ibu-ibu untuk melahirkan bayinya. Baru setelah bayinya dilahirkan, tim medis datang dan kemudian tim medis membawanya ke rumah sakit terdekat," ujarnya.

Novel mengungkapkan Runia akan menamai bayi laki-lakinya itu Jokowi, mengingat kelahirannya di saat menghadiri hajatan pernikahan putri Presiden Joko Widodo.

"Kata ibunya akan dinamai Jokowi, sama seperti nama Presiden Jokowi karena kelahirannya pas acara mantu Presiden Jokowi," ujarnya.

Ribuan relawan Jokowi dari berbagai daerah, termasuk Lampung, menghadiri acara pernikahan putri Jokowi, Kahiyang Ayu dengan pasangannya Bobby Nasution. Ribuan relawan itu telah berkumpul dua hari sebelum dilangsungkan pernikahan Kahiyang-Bobby pada Rabu ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Relawan Ikut Serta Malam Midodareni

Sebelumnya, putri Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kahiyang Ayu menjalani prosesi midodareni kemarin malam, sebagai rangkaian dari upacara pernikahan. Relawan Pro-Jokowi (Projo) juga turut menghadiri acara midodareni Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution.

Pantauan Liputan6.com di depan kediaman Jokowi di Jalan Kutai, Sumber, Surakarta, Selasa, 7 November 2017, para relawan Jokowi itu mulai berdatangan sejak pukul 17.40 WIB.

"Saya dan rombongan Projo Jakarta ada 1.200 orang yang datang, kami ingin mengucapkan selamat untuk pernikahan Kahiyang," ujar ketua DPC Jakarta Utara Peier Barutu di lokasi.

Dia mengatakan, Projo Jakarta akan ikut bergabung dengan relawan lainnya yang jumlah totalnya mencapai 5 ribu orang. Namun, Projo akan langsung pulang keesokan harinya.

Putri semata wayang Jokowi, Kahiyang Ayu akan melangsungkan pernikahan dengan Bobby Nasution. Acara pernikahan akan digelar di Gedung Graha Saba Buana Jawa Tengah, Rabu 8 November 2017.

Sekitar 8000 undangan akan hadir dalam pernikahan Kahiyang-Bobby. Tamu undangan terdiri dari pejabat dan politisi, sanak saudara, tetangga, hingga para pedagang kaki lima (PKL).

Jokowi telah memasang bleketepe sebagai rangkaian prosesi pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Pemasangan bleketepe dilakukan di kediaman Jokowi di Solo.

Usai pemasangan bleketepe, prosesi dilanjutkan dengan siraman. Untuk Kahiyang, proses siraman dilakukan di kediaman Jokowi. Sedangkan calon mempelai pria, Bobby Nasution melakukan siraman di Hotel Alila Solo. Prosesi siraman berlangsung secara tertutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.