Sukses

Aturan Berbusana Tukang Becak Pengantar Tamu Resepsi Kahiyang Ayu

Puluhan tukang becak pengantar tamu Kahiyang Ayu akan ditempatkan di dua kantong parkir, yaitu di Lapangan Banyuanyar dan Lapangan Sumber.

Liputan6.com, Solo - Sebanyak 50 penarik becak bertugas mengantarkan tamu pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution ke gedung Graha Sabha Buana. Agar menarik perhatian para tamu, para abang becak pun diseragami baju batik.

Puluhan penarik becak berkumpul di rumah dinas Wali Kota Solo, Lodji Gandrung, Sabtu, 4 November 2017. Wajah mereka sumringah karena bakal dilibatkan dalam acara mantu hajatan Presiden Jokowi.

Kedatangan mereka ke Lodji Gandrung tak lain mendapatkan pengarah dari Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Selain itu, mereka juga mendapatkan seragam batik yang akan digunakan untuk menunaikan tugasnya mengantar tamu pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution dari kantong parkir menuju Graha Sabha Buana.

Rudy, sapaan akrab Wali Kota Solo, menjelaskan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menjadi penarik becak pengantar tamu pernikahan. Syarat utama adalah sehat dan wajib berpakaian rapi.

"Jadi nanti, seragam batik yang kita kasihkan ini, dipakai tukang becak saat tanggal 8 besok. Tukang becak wajib bersepatu dan berpakaian rapi, " katanya.

Puluhan tukang becak ini nantinya akan ditempatkan di dua kantong parkir, yaitu di Lapangan Banyuanyar dan Lapangan Sumber. Tugas mereka mengantar tamu-tamu non-VIP dan VVIP yang harus memarkirkan kendaraannya di kedua lapangan itu.

"Imbauannya mereka harus melayani tamu dengan ramah dan bertutur kata sopan. Harus melayani dengan senyum," kata dia.

Rudy mengatakan jika seluruh biaya untuk menyewa tukang becak adalah dari keluarga Presiden Jokowi. "Pemkot enggak boleh mengeluarkan (dana untuk kepentingan pernikahan Kahiyang, red)," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilarang Bawa Mobil

Para tamu yang hadir dalam prosesi pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, dilarang menggunakan mobil hingga gedung Graha Sabha Buana. Alhasil, para tamu selain VVIP dan VIP akan dijemput menggunakan shuttle bus dari lokasi parkir menuju lokasi resepsi.

Kepala Dinas Perhubungan Solo, Hari Prihatno, mengatakan para tamu undangan yang akan menghadiri resepsi pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution harus memarkir kendaraannya di area parkir yang telah ditentukan. Ada tiga kantong parkir yang disiapkan untuk menampung kendaraan.

"Nantinya kendaraan roda empat maupun roda dua milik tamu diparkir di tiga kantong parkir, yakni di halaman Stadion Manahan, lapangan Banyuanyar, dan lapangan Sumber," kata dia di Solo, Jumat, 3 November 2017.

Selanjutnya, para tamu tersebut akan diantar dengan menggunakan bus menuju lokasi resepsi pernikahan di Graha Sabha Buana. "Nanti para tamu akan diangkut dengan menggunakan shuttle bus. Ada 13 armada bus medium dan dua armada mobil Hiace yang bertugas menjemput para tamu," ujar dia.

Hari pun menjelaskan, masing-masing kantong parkir akan disediakan sebanyak lima armada bus. Bus maupun mobil Hiace itu akan menjemput dan mengantar para tamu pernikahan Kahiyang Ayu dari kantong parkir menuju gedung maupun sebaliknya.

"Shuttle bus itu akan beroperasi mulai pagi sekitar pukul 07.00 WIB hingga malam hari. Shuttle bus itu mungkin akan istirahat di masa jeda setelah resepsi pada siang hari selesai," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.