Sukses

Viral, Gubernur Sulbar Salah Baca Urutan Pancasila

Saat membacakan Pancasila, Gubernur Sulbar membawa map berisi teks tersebut.

Liputan6.com, Mamuju - Video Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar salah membacakan urutan teks Pancasila tengah viral. Video berdurasi 40 detik itu tersebar di sejumlah media sosial seperti Facebook, Youtube, dan dibagikan dari grup ke grup jejaring sosial WhatsApp.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Liputan6.com, kejadian itu terjadi saat Ali Baal Masdar menjadi inspektur upacara peringatan hari Sumpah Pemuda, Senin, 30 Oktober 2017, di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulawesi Barat, Jalan H Abd Malik Pattana Endeng, Rangas, Kecamatan Simboro Dan Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Dalam video itu, Ali Baal Masdar terlihat membawa map berisi teks Pancasila. Dia kemudian membacakan teks Pancasila itu dengan khidmat.

"Satu, Ketuhanan Yang Maha Esa," ucap Ali Baal Masdar membacakan teks pancasila yang kemudian diucapkan ulang oleh seluruh peserta upacara.

Pada saat membacakan sila kedua Pancasila, yang seharusnya berisikan Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, Ali justru menyebutkan sila kelima.

"Dua, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia," sebut ABM, sapaan akrab Gubernur Sulawesi Barat itu. Sesaat setelah salah ucap itu, raut wajah pria pengantar map teks Pancasila seketika berubah dan terlihat pucat.

Mendengar itu, peserta upacara terdengar tidak mengikuti ucapan Ali Baal Masdar sebagaimana pada sila pertama. Peserta tetap meyebutkan sila kedua yang benar. Beruntung, Ali cepat menyadari kesalahannya, ia kemudian segera meralat ucapannya.

"Dua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab," yang kemudian diucapkan ulang oleh peserta upacara secara serentak.

Sila selanjutnya diucapkan Ali Baal Masdar dengan urutan yang benar dan diikuti oleh seluruh peserta upacara dengan khidmat hingga selesai.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.