Sukses

Miris, Tanah Kelahiran Jenderal Sudirman Jadi Kota Termiskin

Di kabupaten tempat lahir Jenderal Soedirman itu, satu orang cukup memenuhi kebutuhan dasar makanan dan nonmakanan sekitar Rp 300 ribu.

Liputan6.com, Purbalingga - Kabupaten Purbalingga berada di urutan keempat dari bawah untuk kabupaten atau kota dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Jawa Tengah. Di kabupaten tempat lahir Jenderal Soedirman itu, satu orang cukup memenuhi kebutuhan dasar makanan dan nonmakanan dengan uang sekitar Rp 300 ribu.

"Garis kemiskinan di Purbalingga Rp 301.862. Namun, kinerja penurunan kemiskinan Kabupaten Purbalingga sebesar 13,40 persen," kata Bupati Tasdi saat rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) di Operation Room Graha Adiguna Kompleks Pemkab Purbalingga, Kamis, 19 Oktober 2017.

Tasdi mengklaim berbagai program penanggulangan kemiskinan telah membuahkan hasil yang signifikan. Alhasil, kinerja penurunan kemiskinan tersebut lebih tinggi dari Provinsi Jawa Tengah yang sebesar hanya 7,22 persen.

Program yang diusung Pemkab Purbalingga, yakni rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) dengan target 5.000 rumah, jambanisasi sebanyak 6.000 unit, dan jaminan kesehatan dengan anggaran Rp 12,072 miliar. Selain itu, akan diterbitkan Kartu Purbalingga Pintar untuk menarik kembali anak usia sekolah tidak sekolah (AUSTS) dengan sasaran usia SD 155 anak, SMP 174 anak, Paket A 135 anak dan Paket B 199 anak.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko mengungkapkan, selain Purbalingga masih ada 14 kabupaten atau kota lain di Jateng yang masuk zona merah kemiskinan. Kota dengan tingkat kemiskinan tinggi itu, yakni, Kabupaten Wonosobo, Kebumen, Brebes, Rembang, Pemalang, Banjarnegara, Banyumas, Klaten, Sragen, Cilacap, Demak, Purworejo, Grobogan, dan Demak.

"Jawa Tengah bagian barat memang tingkat kemiskinannya masih tinggi, termasuk Kabupaten Purbalingga dan kabupaten di eks-Karesidenan Banyumas lainnya, yakni Banjarnegara, Banyumas, dan Cilacap," ujar Heru.

Ia menambahkan, atas semangat dan komitmen yang kuat dari Pemkab Purbalingga dalam upaya menyelesaikan permasalahan kemiskinan, pemprov memberi bantuan rehab RTLH untuk 1.050 rumah.

"Kami mengapresiasi kinerja Pemkab Purbalingga. Untuk itu, Purbalingga mendapat bantuan rehab RTLH dengan jumlah tertinggi di Jateng," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.