Sukses

Selamat, Gunturia Lahirkan Bayi Gajah Betina

Dengan kelahiran anak Gunturia, Taman Nasional Way Kambas mendapatkan dua anak gajah dalam beberapa pekan ini.

Liputan6.com, Lampung Timur - Seekor gajah betina di Elephant Response Unit Way Bungur, Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung, yang bernama Gunturia melahirkan anak gajah berjenis kelamin betina.

Dilansir Antara, Kepala Balai TNWK Subakir di Lampung Timur, Minggu, 22 Oktober 2017, mengatakan induk gajah Gunturia melahirkan anaknya pada Sabtu malam, 21 Oktober 2017, pukul 20.30 WIB.

Mantan Kepala Balai Konservasi Sumberdaya Alam (KSDA) Lampung itu mengatakan anak gajah betina yang dilahirkan itu memiliki panjang badan 99 sentimeter, lingkaran dada 108 sentimeter dan tinggi badan 76 sentimeter serta berat badan 87 kilogram.

Ia mengatakan setelah proses melahirkan, kondisi gajah Gunturia dan bayinya sehat.

Beberapa waktu lalu, seekor anak gajah betina juga lahir dalam kondisi sehat di hutan Taman Nasional Way Kambas. Subakir menjelaskan bayi gajah yang dilahirkan dari induknya bernama Riska itu, memiliki berat badan 85 kilogram dan saat ini kondisinya sehat.

Hutan TNWK adalah taman nasional perlindungan gajah di Provinsi Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, dengan luas 125.621,3 hektare. Di hutan Way Kambas itu terdapat pula sekolah gajah (Pusat Latihan Gajah/Pusat Konservasi Gajah Way Kambas).

TNWK berdiri pada 1985 dan mengembangkan sekolah gajah pertama di Indonesia dengan nama awal Pusat Latihan Gajah (PLG) Way Kambas, dan kemudian dikenal sebagai Pusat Konservasi Gajah (PKG) Way Kambas yang diharapkan mampu menjadi pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.