Sukses

Ayah Dorong Gerobak Sejauh 170 Km demi Pengobatan Anak

Ayah mendorong gerobak dari Madiun ke Surabaya demi pengobatan anaknya yang lumpuh.

Suarasurabaya.net, Surabaya - Seorang ayah mendorong gerobak dari Madiun menuju Surabaya yang jaraknya sekitar 170 kilometer, demi anak laki-lakinya yang terbaring sakit. Suprijadi (52) warga Saradan, Madiun, mendorong gerobak Yanuar (14), putranya yang lumpuh menuju RSUD Dr Soetomo untuk berobat.

Akun @bintang CBT Sidoarjo lewat laman Facebook e100 mengaku tahu informasi dari grup lain di Facebook bahwa ada seorang bapak yang membutuhkan bantuan, karena melakukan perjalanan jauh menggunakan gerobak.

Informasi tentang keberadaan Suprijadi yang viral ini sampai juga ke Linmas Pemkot Surabaya.

Melalui akun Facebook resminya, Bpb Linmas Surabaya menjelaskan bahwa pihaknya telah memberikan bantuan dan penjemputan.

"Petugas dari BPB LINMAS, Satpolpp, Dinas Kesehatan, PMI, DP5A mendampingi Bapak suprijadi beseta anak dan mengantar ke rumah saudara Bapak Suprijadi di Jl. Nanas Rt 10 Rw 03 geluran Sepanjang."

Sementara itu, Irfan Widianto Kepala Satpol-PP Kota Surabaya sekaligus Plt BPB Linmas Surabaya yang dikonfirmasi suarasurabaya.net membenarkan bantuan kepada Suprijadi tersebut. Petugas BPB Linmas, Satpol-PP Surabaya, Dinas Kesehatan, PMI, dan Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP5A) turun ke lapangan mendampingi Suprijadi.

"Kami mendampingi dan mengantar Bapak Suprijadi dan putranya ini ke rumah saudaranya di Jalan Nanas RT 10 RW 03, Geluran Sepanjang dengan ambulans dari Dinas kesehatan Kota Surabaya," katanya, Rabu (18/10/2017).

Para petugas dari Dinas Pemkot terkait mengantarkan Suprijadi dan Yanuar ke rumah saudaranya agar yang bersangkutan bisa beristirahat lebih dulu, kemudian besok pagi bisa melakukan check-up dan pengobatan di RSUD Dr Soetomo Surabaya.

Irfan menjelaskan, berdasarkan keterangan Suprijadi, Yanuar memang rutin check-up dan pengobatan setiap dua minggu sekali di RSUD Dr Soetomo.

"Setelah kami antar, besok Bapak Suprijadi dan Yanuar anaknya akan kami jemput kembali dengan ambulans Dinas Kesehatan Surabaya ke RSUD Dr Soetomo," kata Irfan. Ayah pendorong gerobak ini tak perlu berpeluh lagi mengantar sang anak ke rumah sakit. 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Air Mata dan Dukungan Warga 

Aksi Suprijadi ini menuai banyak simpati warga. Dari komitmen warganet di Facebook e100, banyak yang simpati dan bahkan ingin memberikan bantuan mulai bantuan materi hingga menyediakan mobil untuk alat transportasi Suprijadi mengantarkan anaknya berobat.

Akun Facebook Dewa Ozora berkomentar "2 minggu sekali ke surabaya buat check up ya? Adakah yg punya info apakah setiap 2 minggu sekali si bapak harus nyurung gerobak atau baru ini pertama kali beliau nyurung grobaknya? Lek bapake mau silahkan bagi yang tau si bapak ini hubungi saya via inbox biar saya sediakan mobil buat antar beliau ke madiun tanpa harus bayar."

Menanggapi akun Facebook Dewa Ozora, banyak yang menawarkan menjadi sopir ataupun mau menanggung biaya BBM mobil yang digunakan untuk mengantarkan Suprijadi.

Akun Facebook Dwi P menanggapi, "Saya ga punya mobil pak,Tp klo sampean butuh sopir buat ngantar,Saya amat sangat siap...Klo boleh biar BBM Saya yg nanggung...Ini Telp/WA 08785484XXXX Saya...".

Tak sedikit juga warganet yang ingin menggalang dana untuk membantu Suprijadi membiayai pengobatan anaknya Yanuar.

Akun Facebook Dwi Setyanto berkomentar, "Kalo mau donasi kemana ya, semoga cpt sembuh putranya pak, aamiin. Pean memang bapak yg hebat ...".

Ais Syiyah berkomentar, "Ayo... SS ulurkan tenagamu unt mengkoordinir bantuan, insyaa Allah kami smua akan ikhlas menyisihkan Risqi kami".

Warganet e100 juga banyak yang meneteskan air mata usai membaca berita terkait Suprijadi karena mereka salut dengan perjuangan seorang ayah yang rela berjalan jauh untuk mengantarkan anaknya berobat meskipun jaraknya cukup jauh.

Akun Facebook Viiea SyLvia R N, "ya Allah.. nangis sy bacanya.. smoga bapak diberi rezeki berlimpah sm Allah pak.. semoga anak nya lekas sembuh, lekas diangkat penyakitnya.. semoga keringat bapak, luasnya hati bapak, kesabaran bapak dpt imbalan besar dr Allah... mohon maaf saya hanya bs mendoakan".

Akun Alfita Hanim, "Ya Allah, rasane ati ga karu2an .. nyesek bacae, brebes mili pisan.. jalannya jaoh, demi kesembuhan anak ya Allah, smoga bapak selalu sehat, dan semoga Allah mengangkat penyakit anaknya, serta bapak di mudahkan rezekinya, aamiin allahuma aamiin..".

Warganet juga mendoakan agar ayah yang mendorong gerobak anak ini mendapatkan kemudahan dan selalu diberikan kesehatan.

"Subhanallah...sangat hebatt dan mulia sekalii hatii seorang bapak ini....Semoga dimudahkan urusannya dan dilancarkan rejekinya...Semoga segera diberikan kesembuhan untuk anaknya yaaa pakk...dan jenengan skeluarga selalu sehat kuat serta selaalu dalam perlindungan Allah swt...." demikian Akun Facebook Arch Dwi Jatmiko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.