Sukses

Mencicipi 1001 Menu Bebek di Bangkalan

Bagi penggemar santapan daging bebek, Bangkalan Madura bisa menjadi surga dunia dengan aneka ragam menu dari bebek.

Liputan6.com, Bangkalan - Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur mempromosikan kuliner menu bebek yang merupakan kuliner khas Bangkalan sebagai upaya untuk membantu masyarakat di daerah ini.

Menurut Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Pamekasan Doni Dwi Pujianto, di Bangkalan, Minggu, promosi kuliner menu nasi bebek itu selain merupakan kuliner khas Bangkalan, juga dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Ke-486 Kabupaten Bangkalan.

"Ada sebanyak 43 penjual nasi bebek yang kami undang untuk menyajikan kuliner bebek di Bangkalan ini," ujar Doni, dilansir Antara, Minggu (15/10/2017).

Kegiatan bertema "Festival 1001 Menu Bebek" dengan jumlah peserta sebanyak 43 orang penjual nasi bebek itu, dari 18 kecamatan di Kabupaten Bangkalan.

Doni menjelaskan, penjual nasi bebek di Kabupaten Bangkalan setiap tahun cenderung meningkat, dan jenis kuliner bebek itu sebagian telah dikenal masyarakat di luar Bangkalan.

"Selama ini kan dikenal Bebek Sinjai saja. Melalui festival kuliner menu bebek ini, kami ingin wisatawan yang datang ke Bangkalan bisa mengetahui bahwa saat ini tidak hanya Bebek Sinjai saja, akan tetapi banyak bebek jenis lain di Bangkalan ini," dia menambahkan.

Ia berharap, kegiatan festival menu bebek dalam rangka Hari Jadi Jadi Ke-486 Kabupaten Bangkalan tersebut akan menjadi "pintu masuk" bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Bangkalan.

"Melalui festival menu bebek yang pesertanya dari berbagai kecamatan ini, kami juga bermaksud ingin mengenalkan kuliner nasi bebek pada masing-masing kecamatan," katanya pula.

Kabid Pemasaran Pariwisata Disbudpar Bangkalan Doni Dwi Pujianto lebih lanjut menjelaskan, selain Bebek Sinjai, jenis kuliner menu bebek akhir-akhir ini juga mulai dikenal masyarakat di luar Bangkalan, termasuk para wisatawan yang berkunjung ke Bangkalan adalah Bebek Songkem.

Bebek Songkem ini asalnya menupakan menu kuliner bebek asal Kabupaten Sampang, Madura. Namun, akhir-akhir ini juga banyak warga yang menjual menu bebek ini.

Selain Bebek Songkem, menu bebek lainnya yang juga telah dikenal luas di kalangan masyarakat Bangkalan dan Madura pada umumnya adalah Bebek Paterongan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.