Sukses

Apa Hubungan Gerakan Anti-Korupsi dan Goyangan Ulek-Ulek Cihuy?

Ada agenda Ngamen Anti-Korupsi bersama Saut dan Susi ‘Ngapak’ sembari menyeruput Kopi Panginyongan

Liputan6.com, Banyumas – Pedangdut asal Banyumas yang tengah naik daun, Susi 'Ngapak' alias Susi ‘Bintang Pantura’ bakal menggoyang Stasiun Purwokerto, pada Sabtu 14 Oktober 2017.

Susi yang terkenal lantaran membawakan lagu-lagu berbahasa ‘Banyumasan’ yang nyeleneh, seperti ‘Duda Araban’ dan goyangan ‘Ulek-Ulek Cihuy’ itu, bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal tampil dalam helatan ‘Ngamen Anti-Korupsi’ di area parkir Stasiun Besar Purwokerto.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (daop) 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, acara itu bertujuan untuk menyampaikan pesan antikorupsi melalui musik kepada para penumpang kereta api maupun masyarakat luas. Ngamen Anti-Korupsi itu bakal dihadiri oleh Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang dan jajaran direksi PT KAI.

"Acara ini mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyuarakan gerakan antikorupsi sekaligus menyosialisasikan dampak negatif perilaku korupsi," kata Ixfan, kepada Liputan6.com, Kamis, 12 Oktober 2017.

Ixfan menjelaskan, musik dinilai sebagai media yang cukup mudah untuk menyampaikan pesan. Sebab itu, PT KAI memilih menggelar panggung hiburan untuk menyuarakan pesan-pesan antikorupsi dengan menggandeng penyanyi Kelahiran Desa Paningkaban, Kecamatan Gumelar 22 tahun lalu itu.

Selain Susi Ngapak, dalam ‘Ngamen Anti-Korupsi’ itu, bakal tampil pula Band reggae lokal yang juga tengah naik daun, Jhony Freedom. Jhony Freedom dipilih sebagai pengisi acara lantaran sudah dikenal di kalangan komunitas musik indie Purwokerto dan populer dengan lagu-lagu bertema kritik sosialnya.

"Sebagai pembuka, grup Kentongan Dipo Daop Limo atau dikenal Kepolimo yang beranggotakan karyawan organik PT.KAI Daop 5 Purwokerto juga akan tampil," Ixfan menambahkan.

Dalam acara ini, Komunitas Juguran Kopi akan mengenalkan beragam kopi dari Tlatah Penginyongan, yang meliputi kopi Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, hingga Cilacap dan Kebumen.

Di sela menyeduh kopi, selain bergoyang pengunjung konser ‘Ngamen Anti-Korupsi’ juga bisa menyaksikan aksi seniman mural Purwokerto dan mengamen bersama komunitas Railfans Spoorlimo dampingan KAI Daop 5 Purwokerto.

Saksikan video pilihan berikut ini!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.