Sukses

Gunung Agung Awas, Konjen Tiongkok Temui Danlanud Ngurah Rai

Konjen Tiongkok berharap wisatawan asal negaranya bisa diprioritaskan pulang ketika erupsi Gunung Agung.

Liputan6.com, Denpasar - Konsulat Jenderal (Konjen) Tiongkok, Hu Yinquan, menggelar pertemuan dengan Komandan Pangkalan Udara (Lanud) I Gusti Ngurah Rai, Kolonel Pnb Wayan Superman. Kedatangan Hu ke Bali, untuk memastikan keselamatan warganya yang berada di Pulau Dewata, terkait status Awas Gunung Agung.

Namun, Superman mengaku pihaknya tidak memiliki kewenangan sepenuhnya dalam urusan warga negara asing (WNA) yang berada di Bali.

"Kita (Lanud Ngurah Rai) tidak punya kewenangan penuh soal pemulangan warga negara asing apabila Gunung Agung sewaktu-waktu meletus," kata Superman, di Kuta, Kamis, 12 Oktober 2017.

Menurut Superman, pertemuan yang digelar di Base Ops Lanud Ngurah Rai itu dengan Hu hanya koordinasi. Hu menyampaikan harapannya agar warga Tiongkok yang ada di Bali, bisa diprioritaskan untuk pulang melalui Bandara Ngurah Rai, jika terjadi erupsi Gunung Agung.

"Saya sampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya dan penghargaan kepada Konjen RRC yang telah meluangkan waktunya berkunjung ke Lanud Ngurah Rai," Superman menambahkan.

Superman mengatakan pula, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait terlebih dahulu. "Kita akan berkoordinasi dengan instansi yang menangani wisatawan asing dalam kondisi bencana alam di Bali," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Hu mengaku ada 4.000 warga RRC per hari yang berlibur di Bali. Ia berharap prioritas pengamanan terbaik dilakukan untuk WNA yang sedang berlibur di Bali, khususnya warga Tiongkok jika terjadi erupsi Gunung Agung.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.