Sukses

Serunya Ratusan Kusir Delman Sambut Hari dengan Pacuan Kuda

Panitia menyulap Lapangan Cihuni, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut menjadi pacuan kuda dadakan bagi ratusan kusir delman.

Liputan6.com, Garut - Jika kusir delman mengendalikan kuda plus pedatinya di jalan raya, bukan hal baru. Namun, bagaimana jika ratusan kusir delman dari berbagai daerah di Jawa Barat, justru berpacu mengendalikan kudanya di lintasan pacu sebenarnya.

Adalah Paguyuban Kusir Delman Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang melakukan hal itu. Mereka mengundang ratusan kusir delman dari berbagai wilayah Jawa Barat. Selanjutnya, panitia menyulap Lapangan Cihuni, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut menjadi pacuan kuda dadakan yang menarik dan menghibur warga, Minggu, 8 Oktober 2017.

Asep Heri, salah seorang panitia kegiatan mengatakan, kegiatan ini untuk menjalin silaturahmi antar-kusir dan pemilik kuda di Jawa Barat. Selain itu, kegiatan tersebut untuk memilih kuda hingga joki terbaik.

Tak kurang dari 200 kusir delman ikut menyemarakkan acara tersebut. Mereka berasal dari Bandung, Tasikmalaya hingga Cirebon, termasuk para kusir delman Garut sebagai tuan rumahnya.

"Kegiatan ini sudah menjadi budaya masyarakat di sini, setiap tahun kami menggelar acara serupa," ucap Asep, Minggu, 8 Oktober 2017.

Bagi pemenang lomba, selain mendapatkan uang pembinaan dan hadiah menarik lainnya, mereka pun memperoleh piala bergilir Bupati Garut, Rudy Gunawan.

Sang bupati menjelaskan, selain hiburan gratis bagi masyarakat, lembaganya bakal mendesain kegiatan ini lebih menarik dan semarak untuk pengembangan destinasi wisata. Terutama, menarik kunjungan wisata ke Kabupaten Garut. "Kami sebenarnya sudah merencanakan sejak lama," katanya.

Untuk mendukung rencana tersebut, lembaganya berencana membangun arena pacuan kuda yang memadai di area lapangan Kampung Citiis, kawasan Gunung Guntur. "Di sana ada lahan sekitar 10 hektare yang kita siapkan," ujarnya.

Ratusan kusir delman dari berbagai wilayah Jawa Barat, memacu kuda di Lapangan Cihuni, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Di tengah para penonton yang membeludak, ada hal unik dalam pacuan kuda kusir delman kali ini. Siapa pun joki yang menang wajib menghibur penonton dengan cara menari di atas kuda pacuannya diiringi musik bangreng.

Dengan hiburan itu, tak jarang pemenang dan timnya mengeluarkan saweran kepada penonton yang mendekatinya. Agus, salah satu kusir delman sekaligus joki pemenang dalam pacuan tadi, mengaku senang bisa mengikuti acara tersebut.

"Memang butuh persiapan matang, selain mental juga fisik, sebab harus mengendalikan kuda dalam kecepatan tinggi," dia membeberkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.