Sukses

BNPB Siapkan Pekerjaan untuk Pengungsi Gunung Agung

Upaya ini untuk meminimalisasi kejenuhan para pengungsi Gunung Agung.

Liputan6.com, Karangasem - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupaya menyediakan mata pecaharian para pengungsi Gunung Agung, Bali. Hal ini untuk meminimalisasi kejenuhan mereka selama di pos pengungsian.

"Bagaimana dengan masyarakat yang kehilangan mata pencaharian? Kami pikirkan apa yang terbaik untuk masyarakat yang tidak bisa kerja," kata Kepala BNPB Willem Rampangilei di Pos Komando Penanganan Darurat Gunung Agung di Karangasem, Jumat (6/10/2017), dilansir Antara.

Menurut Willem, selama berada di lokasi pengungsian, otomatis para pengungsi kehilangan mata pencaharian. Mengurangi kejenuhan pengungsi di lokasi pengungsian merupakan salah satu hal yang kini diupayakan BNPB.

Bekerja sama Kementerian Sosial, para pengungsi juga diberikan layanan psikososial kepada anak-anak, ibu hamil, lansia, dan penyandang disabilitas.

Para relawan, baik dari pemerintah maupun lembaga swadaya masyarakat, juga memberikan hiburan kepada para pengungsi Gunung Agung, khususnya anak-anak.

Pihaknya juga bekerja sama Dinas Kesehatan dan tim darurat dari Pusdalop BPBD Bali untuk memberikan pelayanan medis keliling dan siaga di pos pengungsian.

Willem mengungkapkan hingga saat ini sudah ada 11 ribu orang pengungsi yang mendapatkan pelayanan kesehatan karena mengidap sakit, seperti flu, demam, dan penyakit saluran pernapasan. Dari jumlah itu, 85 orang di antaranya dirujuk ke sejumlah rumah sakit di Bali.

BNPB menyebutkan, data terakhir jumlah pengungsi mencapai 150.109 tersebar di 420 titik di sembilan kabupaten/kota di Bali.

Hingga Jumat, pukul 06.00 Wita, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat tingkat kegempaan Gunung Agung masih tinggi untuk vulkanik dangkal mencapai 98 kali, vulkanik dalam 182 kali dan tektonik lokal 23 kali.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.