Sukses

Heboh Temuan "Babi Ngepet" di Siang Bolong, Ternyata...

Seorang warga yang mengunggah foto temuan "babi ngepet" menyebut, di kaki makhluk itu terselip uang Rp 50 ribu.

Liputan6.com, Bulukumba - Warga Jalan Cendana, Kelurahan Caile, Kecamatan Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, dihebohkan penemuan hewan yang diduga babi jadi-jadian atau yang biasa dikenal babi ngepet, pada Rabu, 4 Oktober 2017 siang, sekitar pukul 13.30 Wita.

Ambo Tang, warga yang pertama kali menemukan hewan yang diduga babi ngepet tersebut mengungkapkan bahwa awalnya ia mengira hewan itu adalah kucing. "Saya tangkap, baru saya ikat pakai tali, baru saya bawa ke rumah. Warga heboh katanya babi ngepet," kata Ambo Tang.

Andi Wira, warga lainnya, bahkan mengungkapkan babi tersebut tadinya berukuran besar lalu kemudian mengecil hingga seukuran kucing dewasa. "Bahaya ini, tadinya (ukurannya) besar, kenapa tiba-tiba jadi kecil?" kata Andi Wira.

Pantauan Liputan6.com, foto dan video penemuan hewan yang diduga babi ngepet itu juga heboh di Facebook. Beberapa pengunggah percaya bahwa babi itu adalah babi ngepet, tetapi ada juga yang menganggap babi itu adalah babi sungguhan.

Akun Facebook, Pandry Fantastic, mengunggah tiga buah foto penemuan babi berukuran kecil tersebut. Dalam unggahannya, ia menjelaskan saat penemuan babi itu, ada uang Rp 50 ribu di kaki babi tersebut.

Warga Bulukumba dihebohkan kemunculan sosok babi jadi-jadian alias babi ngepet. (Liputan6.com/Fauzan Sulaiman)

"Lagi viral. seekor babi ditangkap oleh warga di kota Bulukumba. warna coklat belang atau kerap disapa dalam bahasa daerah Bulukumba "Bahi Ballang" diyakini bahwa Babi ini adalah babi ngepet. menurut pengakuan, katanya didapat juga selembar uang 50rb di kaki si Babi.Al kisah, saat ditangkap warga babi itu besar, namun lama kelamaan babi itu mengecil.warga pun menjadi penasaran berat bagaimana wujud asli babi tersebut jika benar itu babi ngepet. #Bulukumba," tulis akun Facebook, Pandry Fantastic dan mengunggah tiga buah foto.

Sementara akun Anha Kosmetik Bulukumba yang juga mengunggah foto kehebohan penemuan hewan yang diduga babi ngepet itu mengatakan bahwa babi itu adalah babi sungguhan.

"Lagi hot soal babi "ngepet" Padahal memang itu babi beneran. Bukanx sok tau,tapi emang beneran tau. Kasihan makhluk hidupx difitnah begitu. Silahkan dipelajari lebih rinci," tulisnya saat mengunggah foto di akun Facebook miliknya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Polisi soal Temuan

Beberapa jam setelah penemuan hewan yang diduga babi ngepet itu, polisi kemudian mendatangi lokasi penemuannya dan mengamankan babi itu.

"Iya sore tadi kita amankan babi itu, soalnya warga heboh karena dikira babi ngepet. Sejak ditemukan, warga tidak berhenti datang untuk melihat," kata Kapolsek Ujung bulu, AKP Syafaruddin kepada Liputan6.com, Rabu, 4 Oktober 2017 malam.

Syafaruddin membantah bahwa babi tersebut adalah babi jadi-jadian atau babi ngepet. Ia menjelaskan babi itu merupakan anak babi hutan yang diperkirakan umurnya baru seminggu.

"Itu babi beneran, bukan seperti yang disebutkan oleh warga," jelasnya.

Untuk mengantisipasi semakin beredarnya kabar bahwa babi temuan tersebut adalah babi ngepet, pihak Polsek Ujung Bulu juga memberikan penjelasan kepada seluruh warga.

"Kita sudah beri wejangan ke warga, babi itu bukan babi ngepet. Saya juga minta tolong kepada teman-teman media agar menjelaskan bahwa babi itu adalah babi sungguhan di beritanya," kata Syafaruddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.