Sukses

Demo Sopir Angkot, Wali Kota Risma Siapkan 100 Mobil Pengganti

Mobil pengganti ini untuk antisipasi demo sopir angkot yang akan berlangsung pagi ini.

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyiapkan 100 unit mobil operasional untuk sarana transportasi pengganti bagi warga. Langkah ini untuk mengantisipasi agar aktivitas warga tidak terganggu meski ada aksi demo sopir angkot yang menolak angkutan online pada hari ini, Selasa (3/10/2017).

Menurut wali kota yang akrab disapa Risma ini, mobil operasional tersebut berasal dari sejumlah SKPD yang ada di lingkungan pemerintah kota. "Angkutan pengganti nanti dari Dishub, PU, Satpol PP, Linmas dan lainnya," tutur Risma, Senin, 2 Oktober 2017.

Risma memaklumi aksi demo sopir angkot tersebut. Pasalnya, kondisi angkutan kota memang sangat memprihatinkan. "Seperti hidup enggan mati tak mau, buat makan saja susah," kata dia.

Wali Kota menegaskan, angkutan pengganti yang disediakan untuk warga ini gratis. Selain mobil milik pemerintah kota, Koramil juga rencananya menyediakan sedikitnya 24 mobil operasional untuk mengangkut warga yang tak bisa menggunakan angkot. Sejumlah kendaraan tersebut akan ditempatkan di beberapa terminal.

"Titik penempatannya di Terminal Joyo boyo, Bratang, Tambak Oso wilangun. Sementara beberapa feeder akan di back up kecamatan," ucapnya.

Rencananya, aksi demo sopir angkot akan dilakukan di Kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan dan Gedung Negara Grahadi Surabaya, sekitar pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Aksi tersebut dipicu keresahan para sopir angkot atas jumlah angkutan online yang tak terbendung.

Berdasarkan data yang dihimpun Liputan6.com, titik kumpul unjuk rasa mogok angkutan kota akan dilakukan di beberapa wilayah, di antaranya wilayah Surabaya Timur di STM Pembangunan Darmahusada lyn (trayek angkutan bemo) G2, T2, O P, W, E. Wilayah Rungkut Lyn U, RT, JTK, RBK.

Wilayah Bratang Lyn Q. N. GS, RBK. Wilayah Kenjeran R2, W, MLM. Wilayah Pegirian Lyn USP. F. USP, M. Wilayah Jembatan merah N, O, Q, M sebagian. Wilayah Kalianak Lyn J, Y. Wilayah Balong Sari atau Margomuyo Lyn I. E. BP. Wilayah Darmo Permai Lyn TV, sebagian lyn E. Wilayah Joyoboyo Lyn G, JM, GL, U, P, M, X, H4W, JSPW. Wilayah Bundaran Waru atau Cito Lyn H2P, H1, TA, JSP, W.

Pemerintah Kota Surabaya akan mengantisipasi bila masyarakat membutuhkan angkutan umum untuk berangkat ke sekolah dan bekerja apabila angkutan umum di Surabaya mogok total dengan mengerahkan armada dari SKPD. Mobil ini akan disediakan sejak pukul 06.00 WIB hingga aksi unjuk rasa selesai.

Adapun rute-rute yang menjadi prioritas diperbantukan adalah Surabaya Selatan, di antaranya Purabaya - Cito, Cito - Joyoboyo, Joyoboyo - Karangpilang - Wiyung, Joyoboyo - Diponegoro - Pasar Turi, Joyoboyo - Karang Menjangan - Kapas Krampung.

Rute perbantuan Surabaya Utara, Pasar Turi - Krembangan, Pasar Turi - TOW, JMP - TOW. Surabaya Barat, Benowo - Banyu Urip, Krembangan - TOW. Surabaya Timur, Bratang - Rungkut, Bratang - Kenjeran.

SKPD yang bisa membantu kendaraan untuk mengangkut masyarakat sebagai berikut, BPB Limmas 2 truk - 3 patroli, Satpol PP 2 truk- 7 patroli, Dishub 4 bus - 2 patroli, Damkar 1 elf, LP2A/Perlengkapan 4 bus - 3 mobil, Dinsos 1 truk - 1 patroli, Dispora 1 patroli, DP5A/Bapemas 2 elf, Dispendik 1 elf, Dispendukcapil 1 trafelo, Bag. Pemerintah 1 mobil, Diskominfo 1 Patroli.

Dan disiapkan mobil toilet di 4 titik dan mobil ambulans di 8 titik di antaranya, Surabaya, Cito, Joyoboyo, JMP, Bratang, DPRD Provinsi, Kantor Gubernur, dan monumen nasional Tugu Pahlawan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.