Sukses

Nama Padjadjaran Bakal Digunakan di Jalan Ring Road Yogyakarta

Pemberian nama jalan ring road Yogyakarta ini sudah tercantum dalam Surat Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pemda DIY berencana meresmikan nama jalan ring road Yogyakarta. Selama ini, jalan arteri yang melingkari wilayah DIY itu belum punya nama khusus.

Pemberian nama jalan ring road Yogyakarta ini sudah tercantum dalam Surat Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 166/KEP/2017 tentang Penamaan Jalan Arteri (Ring Road) Yogyakarta. Surat keputusan itu ditandatangani pada 24 Agustus 2017.

Ketua Panitia Peresmian Nama Jalan Arteri DIY Sigit Sapto Raharjo mengatakan, Pemda DIY sudah mengagendakan peresmian nama-nama jalan itu. Nama yang dipilih mulai dari nama-nama kerajaan dan pahlawan, seperti Jalan Siliwangi, Jalan Padjajaran, hingga Jalan Ahmad Yani.

Pihaknya berkoordinasi dengan dinas dan instansi terkait peresmian nama jalan ring road ini, mulai dari Dinas Perhubungan hingga kepolisian. "Direncanakan besok di Jombor jam 10 siang besok. Sama Pak Gubernur nanti," katanya, Senin (2/10/2017).

Sigit menjelaskan akan hadir gubernur dari Jawa Barat dan Jawa Timur dalam peresmian ini, termasuk keluarga pahlawan Ahmad Yani dan Wiryono. Menurutnya, dua Gubernur dan Wali Kota Bandung juga akan hadir dalam peresmian nanti.

"Gubernur Jabar itu nanti meresmikan nama Jalan Padjajaran dan Siliwangi. Brawijaya dan Majapahit itu ada Gubernur Jatim. Wiryono dari MA nanti datang perwakilannya minimal," katanya.

Sigit mengatakan, nantinya akan ada ikon tersendiri yang menggambarkan nama-nama jalan tersebut. Namun, ia tidak menjelaskan makna di balik pemilihan nama kerajaan dan pahlawan itu. 

"Kalau kenapa pemilihan nama-nama itu, biar Pak Gubernur saja yang menjelaskan nanti, ya," katanya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.