Sukses

Atas Nama Silaturahmi, Kakek di Purbalingga Bersepeda Ribuan Km

Kakek di Purbalingga menganggap silaturahmi itu penting. Ia mewujudkannya dengan bersepeda ribuan km demi bertemu saudaranya.

Liputan6.com, Purbalinga - Tidak terlihat raut muka kelelahan saat ratusan km dilewati dengan bersepeda. Hasan (72) warga Purbalingga rela bersepeda dari rumahnya ke Solo.

Mbah Hasan, biasa dipanggilnya, mengaku bersepeda jarak jauh tidak kali ini saja. Beberapa bulan sebelumnya, ia juga bersepeda ribuan km dari Jakarta-Bima. Ribuan km itu ditempuhnya dalam dua bulan 16  hari.

"Kalo dari Purbalingga menuju ke Solo trus baru ke Jogja ada acara Ulang Tahun Paguyuban Onthel. Dari Purbalingga sejak Senin malam, soalnya mampir mampir dulu," katanya Rabu 27 September 2017.

Hasan mengatakan, setiap perjalanan yang dilakukannya sangat berkesan. Itu karena ia selalu dapat menemukan saudara baru, baik dari penggemar sepeda onthel maupun saudara jauh. Ia selalu menyempatkan berhenti untuk bertemu saudara di setiap jalan yang dilaluinya.

"Sudah niat dan hobi senang, walaupun sibuk," katanya.

Ia mengatakan, selama perjalanan ia selalu menyiapkan peralatan dan kebutuhan di jalan. Terutama peralatan bengkel sepeda onthelnya. Namun menurutnya, yang paling berkesan dari perjalanan jauh ini adalah bertemu dengan teman dan saudara.

"Ketemuan dan merawat persahabatan, istilahnya nanam saudaraan," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.