Sukses

Selamat Pagi Bandung, Mobil Kekasih Siap Tampung Curahan Hati

Mobil Kekasih pun siap beredar di taman-taman di Bandung yang berjuluk Kota Kembang.

Liputan6.com, Bandung - Untuk menampung curahan hati (curhat) warga soal problem psikologis, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat, meluncurkan mobil layanan konsultasi kesehatan yang dinamai kendaraan konseling silih asih atau Kekasih.

Mobil Kekasih itu diperkenalkan kepada warga oleh Wali Kota Ridwan Kamil di Taman Cikapayang Dago, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis, 28 September 2017.

Ridwan menjelaskan, jika warga Bandung ingin curhat bisa langsung mendatangi Kekasih. Mobil Kekasih pun siap beredar di taman-taman di Bandung yang berjuluk Kota Kembang.

"Warga kota kan cenderung dengan situasi stres, sehingga kalau butuh teman bercerita, ada problem psikologis, sekarang hadir dengan cuma-cuma (Kekasih)," ucap Wali Kota Bandung yang akrab disapa Emil itu, Kamis, 28 September 2017.

Warga Bandung pun dengan mudah datang ke taman. "Melihat pohon sudah tenang, ada konselor dan psikolog, sehingga pulang-pulang hidupnya semangat lagi," kata Emil.

Mobil Kekasih ini, lanjut dia, baru tiga unit. Setiap unit memiliki satu tenda dan seorang konselor atau psikolog yang siap mendengarkan curhatan.

Adapun tingkat bunuh diri di Bandung, jumlahnya rendah, yakni hanya tiga kasus selama tahun ini. Namun, Wali Kota Bandung yang meluncurkan mobil Kekasih itu berharap kasus bunuh diri tidak terjadi lagi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Kekasih Sasar Anak Muda

Mengingat jumlah mobil Kekasih masih minim, Pemkot berjanji akan menambahkan unit kendaraan curhat ini.

"Insyaallah kita tambahkan di anggaran perubahan 3-4 kali lebih banyak, sehingga warga Bandung kalau butuh teman bercerita ada teman," ujar Wali Kota Bandung.

Emil menambahkan, ia akan menyempatkan datang untuk mendengarkan curhatan warga dan memberikan solusi. "Khusus di Bandung ini ada kekhasan. Kekasih ini berbasis agama dari MUI yang siap mengirimkan ustaz-ustaz untuk memberikan solusi," ia menjelaskan.

Emil menargetkan, mobil Kekasih ini untuk anak muda. Sebab, berdasarkan penelitian tingkat stres terbesar karena urusan percintaan. "Target kebanyakan 60 persen anak muda," katanya.

Adapun Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita, menjelaskan program Kekasih akan diawali di dua tempat, yakni Taman Cikapayang dan Taman Sejarah.

"Untuk yang awal ini kita keliling dua minggu sekali dulu. Kita sengaja memilih tempat terbuka agar fresh," jelasnya.

Namun, bagi yang tak mau privasinya teeganggu, curhat dapat dilakukan di dalam mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.