Sukses

TPU Kebun Bunga Jadi Peristirahatan Terakhir Romi Herton

Sebelumnya, isak tangis sejumlah keluarga dan pelayat pecah saat jenazah mantan Wali Kota Palembang, Romi Herton, tiba di rumah duka.

Liputan6.com, Palembang - Prosesi penyerahan jenazah Romi Herton, mantan Wali Kota Palembang, kepada keluarga pada Kamis, 28 September 2017, dipenuhi dengan isak tangis.

Suasana haru pun terasa di rumah duka Jalan Kiranggo Wiro Santiko, Kecamatan Ilir Barat 1, Palembang, Sumatera Selatan, saat keluarga menyambut kedatangan jenazah Romi Herton.

Sekitar pukul 14.15 WIB, rombongan keluarga mengiringi jenazah Romi Herton dari Balai Kota Palembang, menuju ke kediamannya.

Pihak keluarga yang sudah berkumpul sejak pagi hari, langsung menangis saat peti jenazah memasuki rumah duka.

Suasana semakin haru ketika jenazah Romi Herton yang dibalut kain batik diangkat dari peti dan diletakkan di tengah keluarga. Tangis keluarga dan pelayat langsung pecah saat kain penutup wajah Romi Herton dibuka.

Terlihat ibunda mantan Ketua DPC PDIP Kota Palembang langsung shock dan menangis histeris ketika melihat anak laki-lakinya sudah terbujur kaku tak bernyawa.

Fitrianti Agustinda, Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang pun turut menangis di samping jenazah kakaknya.

Masyito Romi Herton, istri almarhum pun kembali menangis di samping jenazah suaminya. Kedua anak laki-lakinya, Muhammad Gerry Swastika Herton dan Muhammad Aron Ceto Natto Herton masih setia mendampingi ibunya.

Secara bergantian, ibunda, saudara, istri dan anak almarhum menciumi wajah Romi Herton untuk terakhir kalinya. Ratusan pelayat pun terbawa suasana sedih, tak sedikit yang mengabadikan momen haru tersebut.

Jenazah Romi Herton langsung disalatkan di Masjid Taqwa Palembang, yang tak jauh dari rumah duka. Sekitar pukul 20.00 WIB, almarhum langsung dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kebun Bunga, Palembang.

Wali Kota Palembang Harnojoyo turut serta saat jenazah Romi Herton dibawa ke Palembang, hingga jenazah dikebumikan.

"Sekitar pukul 01.30 WIB, beliau telah meninggalkan kita semua untuk selama-lamanya. Kiranya almarhum meninggal dalam husnulkhatimah,” ucapnya kepada Liputan6.com.

Meskipun Romi Herton harus mendekam di balik penjara sejak tersandung kasus suap Pilkada 2013, Harnojoyo masih rutin menyambangi mantan kepala daerah Palembang ini.

Bahkan, sosok Romi Herton menjadi panutannya untuk terus berjuang membangun Kota Palembang.

Salah satu ucapan yang masih melekat di ingatan Harnojoyo adalah ketika Romi Herton menganggapnya sebagai adiknya sendiri. Ia pun tidak merasakan ada firasat apa pun ketika terakhir kali bertemu beberapa hari lalu.

"Bapak Romi Herton terus menyemangati kami agar bisa membangun kota Palembang jadi lebih baik lagi. Terlebih menjelang Asian Games 2018 mendatang," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.