Sukses

Sapa Pagi dengan Bebaskan Penat di Pulau Dutungan

Di Pulau Dutungan terdapat sumur air tawar yang bisa dimanfaatkan gratis oleh pengunjung sesudah puas bermain air laut.

Liputan6.com, Barru - Pulau Dutungan menjadi salah satu tempat wisata incaran bagi masyarakat Sulawesi Selatan ketika memasuki waktu liburan. Pulau kecil yang dikelilingi pohon rindang serta hamparan pasir putih halus menjadi magnet pengunjung yang hendak melepaskan diri dari kepenatan.

Meski kecil, banyak aktivitas seru yang bisa dilakoni di pulau yang terletak di wilayah Palanro, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulsel itu. Petualangan bisa dimulau dengan berjalan mengelilingi pulau.Bagian belakang pulau yang merupakan bebatuan cadas sangat menarik untuk ditelusuri. Bahkan, ada gua tersembunyi di sela-sela bebatuan jika air surut.

"Di sini juga bisa menyelam melihat alam bawah laut yang berada di sekeliling pulau. Ikan karang cukup beragam dapat ditemui bermain di sela-sela karang bawah laut pulau," kata Sutarman, warga Jalan Nuri, Kota Makassar, yang ditemui sedang asyik bermain di hamparan pasir putih bersama keluarga kecilnya, Sabtu, 23 September 2017.

Bapak dua anak ini mengakui panorama alam Pulau Dutungan mampu menjadi obat mujarab menghapus penat setelah sepekan penuh bekerja. Salah satu yang menyenangkan adalah ia bebas untuk memancing atau mencari ikan di sekitar pulau tanpa merusak terumbu karang yang ada.

"Pulau Dutungan memang pulau impian. Selama di sini cukup berkesan. Rasanya pengen kembali melulu. Ikan hasil memancing sendiri bisa langsung dibakar dan dinikmati bareng keluarga. Ah terasa nikmat sekali," ucapnya.

Pengunjung yang ingin bermalam juga tak perlu khawatir karena di Pulau Dutungan terdapat penginapan dengan harga terjangkau, berkisar Rp 250 ribu – Rp 350 ribu per malam. Untuk bersantai, pengunjung bisa ke kafe atau warung makanan yang juga telah disediakan di sana.Lebih dari itu, Pulau Dutungan juga memiliki sumur air tawar yang bisa dimanfaatkan secara gratis. Jadi khusus yang senang berendam air laut, jangan pernah risau karena dapat mencuci tubuhnya kembali menggunakan air tawar dari sumur yang ada tersebut.

Pulau Dutungan adalah pulau yang berada sekitar 132 kilometer dari Kota Makassar dengan waktu tempuh kurang lebih 3,5 jam perjalanan. Jika dari Kota Parepare berjarak 20 kilometer ke arah utara, sedangkan jika dari Kabupaten Barru, berjarak 31 kilometer ke arah selatan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.