Sukses

Doa Anak Yatim Banyuwangi untuk Warga Terdampak Gunung Agung

Seribuan anak yatim Banyuwangi memanjatkan doa bagi keselamatan warga di sekitar Gunung Agung.

Liputan6.com, Banyuwangi - Festival Anak Yatim yang digelar Pemerintah Kabupaten Banyuwangi diwarnai dengan doa bersama untuk warga sekitar Gunung Agung. Dalam doanya, para anak yatim mengharapkan kondisi Gunung Agung bisa segera normal.

"Mari bersama kita berdoa supaya kondisi Gunung Agung yang saat ini berstatus awas kembali normal," tutur Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Minggu, 24 September 2017.

Saat ini, sudah banyak warga Kabupaten Karangasem, Pulau Bali, yang mengungsi untuk mengantisipasi jika Gunung Agung meletus. Anas mengajak warga Banyuwangi turut mendoakan keselamatan warga di sekitar gunung terbesar di Pulau Dewata itu.

"Semoga warga yang saat ini sedang mengungsi diberikan kesehatan dan kekuatan. Dan yang terpenting, semoga bisa kembali pulang ke rumah masing-masing tanpa kurang suatu apa pun," kata dia.

Dalam kesempatan spesial bersama seribu anak yatim itu, Anas juga mengajak mendoakan warga Rohingya. Mereka mendoakan agar masalah yang menimpa etnis Rohingya bisa segera selesai.

Festival Anak Yatim sendiri adalah agenda tahunan yang digelar Pemkab Banyuwangi. Setiap tahun, lebih dari seribu anak yatim diajak bergembira, belajar, dan berdoa bersama.

Terdapat beragam permainan edukatif. Para anak yatim juga menikmati aneka ragam kuliner sepuasnya, mulai dari bakso, batagor, mi ayam, pangsit, gado-gado, soto, es degan, es dawet, es buah, hingga beragam jajanan lainnya.

Tahun ini, Festival Anak Yatim mengambil tema "Belajar dan Berproses untuk Bisa Berkarya". Festival Anak Yatim merupakan salah satu cara untuk memuliakan mereka, sekaligus menggugah solidaritas warga untuk bersama-sama mengembangkan potensi diri anak yatim," ujarnya.

Perwakilan anak yatim sebelumnya juga dilatih fotografi. Hasilnya dipamerkan saat festival berlangsung.

Sebagian foto dilelang dan laku hingga jutaan rupiah. Sebagian foto lain akan dilelang khusus untuk para pengusaha dan pejabat negara yang datang ke Banyuwangi. Mereka juga diberikan beasiswa dari Pemkab Banyuwangi.

"Seluruh hasil lelang akan diserahkan kepada anak bersangkutan," kata Anasi.

 

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.